Berita :: GLOBALPLANET.news

Rhoma Irama. (Foto:Ist)

12 Februari 2019 13:48:03 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Polemik Racangan Undang-Undang Permusikan (RUU Permusikan) menjadi sorotan dari berbagai pihak. Salah satunya Raja Dangsut, Rhoma Irama ikut berkomentar terkait RUU Permusikan Indonesia.

Rhoma sendiri memberikan komentar, kritik dan saran terkait draf RUU Permusikan yang sedang di bahas Komisi X DPR RI melalui video yang diunggah diakun Youtube Rhoma Irama Official.

Dalam video yang berdurasi 13.28 menit tersebut, ada beberapa komentar yang diberikan Rhoma Irama seperti Pasal 5 terkait inovasi yang mencakup larangan dalam menciptakan lagu debgan berbagai ketentuannya seperti tercantum pada ayat a hingga f.

Menurut Rhoma, aturan tersebut sudah bagus dan ideal karena merujuk Pancasila. Namun tidak ada penjelasan atau rinciannya pasal demi pasal yang tidak menyambung dan harus digambarkan dengan rinci.

“Karena di dalamnya ada sanksi pidana, maka harus diperjela lagi apa saja yang dilarang tersebut sehingga tidak multi tafsir,” ungkapnya dalam video seperti di kutip dari Kapanlagi.com, Selasa (12/02/2019).

Kedua, kata Rhoma di dalam video, aturan mengikuti uji kompetensi bagi seniman musik untuk mendapatkan sertifikat dinilai sebagai suatu pengekangan. Dia mempertanyakan bagaimana para pemusik yang ada di kampung maka mereka tidak bisa bernyanyi.

“Secara konsep, oke oke saja. Namun sertifikasi bagi penyayi belum saatnya diterapkan di Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, Rhoma juga menyoroti Pasal 43 RUU Permusikan tentang perhotelan dan tempat hiburan yang diwajibkan memutar musik tradisional. Aturan ini dinilai mengurangi hak-hak seniman musik populer dan modern.

Kendati demikian, Rhoma menyatakan mendukung kehadiran pemerintah dalam melindungi seniman musik di Indoneisa. Terutama dalam menjamin  musisi agar bisa mengembangkan dan melindungi, aktivitas para pemusik di dalam berkreasi, reproduksi, distribusi dan konsumsi.

“Saya mengajak kita sama-sama duduk semeja untuk menyempurnakan UU Pemusik Indonesia agar menjadi lebih baik lagi. Sehingga tidak ada lagi hal-hal yang pertentangkan,” tutup Rhoma.

Reporter : Globalplanet Editor : Karerek 48