Berita :: GLOBALPLANET.news

Wakil Bupati Muba Beni Hernedi berbincang dengan Mendikbud Muhadjir Effendy, salah satunya terkait pembangunan SMK Kelapa Sawit. (Foto: Amarullah Diansyah)

12 Februari 2019 14:42:00 WIB

MUBA, GLOBALPLANET.news - Pendirian sekolah menengah kejuruan (SMK) Sawit di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan disambut dukungan pemerintah pusat. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Muhadjir Effendy menyatakan segera menyampaikan laporan kepada Presiden.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin berencana membangun SMK Kelapa Sawit. SMK tersebut nantinya terintegrasi dengan Politeknik Sekayu yang telah berdiri sejak 2006 lalu.

Mendikbud Prof Dr Muhadjir Effendi menegaskan, pihaknya mendukung penuh program pembangunan SMK Kelapa Sawit di Kabupaten Muba, Sumsel. "Kemendikbud menyambut baik dan siap merealisasikan program tersebut dan program ini akan segera dilaporkan ke Presiden RI," tegas menteri menjawab keraguan sejumlah pihak.

 

SMK Bagian Upaya Dorong Hilirisasi Sawit

Sebelumnya, peletakan batu pertama pembangunan SMK Kelapa Sawit telah dilakukan secara langsung Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muba, Prof Dr Muhadjir Effendi, saat kunjungan kerja ke Muba, baru-baru ini.

"Pemkab Muba telah melakukan berbagai langkah konkrit, terkait tindak lanjut rencana pembangunan SMK Kelapa Sawit yang terintegrasi dengan Politeknik Sekayu," ujar Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi.

Pembangunan SMK Kelapa Sawit ini dilakukan untuk menyongsong program hilirisasi hasil perkebunan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Muba. Tentunya dalam pelaksanaan ini ditopang dengan penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) ahli di bidang kelapa sawit.

"Ini sesuai dengan program kerja Pemkab Muba yang sangat konsen dengan perkebunan serta menyiapkan SDM di bidang kelapa sawit yang terampil dan handal," jelas dia.

Selain itu pula, bertujuan untuk menyukseskan program pembangunan berkelanjutan. Muba saat ini juga sebagai pilot project program peremajaan perkebunan kepala sawit di Indonesia yang pada 2017 lalu diresmikan Presiden RI Joko Widodo.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Zul Mulkan 171