Berita :: GLOBALPLANET.news

Sesro Provos Propam Mabes Polri Kombes Pol Parimin Warsito didampingi Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Hutauruk meninjau pelaksanaa tes urine di Polres Prabumulih, Rabu (27/3/2019) sore. (Foto: Hardoko Susanto)

28 Maret 2019 10:01:53 WIB

PRABUMULIH, GLOBALPLANET - Tim Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) Divisi Propam Mabes Polri, melakukan inspeksi mendadak ke Polres Prabumulih. Sasaran pemeriksaan mulai dari KTA (Kartu Tanda Anggota), surat menyurat kendaraan hingga sikap tampang dan rambut personel Polres Prabumulih.

Kunjungan Tim Ops Gaktibplin Divisi Propam dipimpin Sesro Provos Mabes Polri Kombes Pol Parimin Warsito, dan diterima Kapolres Prabumulih AKBP Tito Hutauruk, Wakapolres Prabumulih Kompol Harris Batara, serta Pejabat Utama Polres Prabumulih.

Kunjungan Rabu (27/3/2019) sore ini merupakan dalam rangka melihat kedisiplinan anggota polisi di Prabumulih, sekaligus melakukan tes urine mendadak bersama tim dari Bid Propam Polda Sumatera Selatan (Sumsel).

Pemeriksaan kelengkapan perorangan personel Polres Prabumulih dipimpin Kombes Pol Parimin Warsito bersama dengan rombongan didampingi personel propam Polda Sumsel dan Sie Propam Polres Prabumulih.

Adapun sasaran pemeriksaan tidak hanya KTA, KTP, surat menyurat kendaraan dan perlengkapan gampol serta sikap tampang personel Polres Prabumulih. Kemudian dilanjutkan dengan tes urine, dari 190 personel hasilnya negative, tidak ditemukan personel yang diduga positif menggunakan narkoba.

“Kedatangan Tim Ops Gaktibplin Divpropam Mabes Polri ini dalam rangka melakukan pemeriksaan kelengkapan personel dan sikap tampang meliputi, kerapian pakaian dan rambut. Apalagi sekarang ini mau menghadapi Pemilu jangan sampai ada anggota polisi yang berpihak,” ucap Kombes Pol Parimin Warsito saat dibincangi usai kegiatan di Mapolres Prabumulih, Rabu (27/3/2019).

Selain memeriksa kelengkapan personel, kata Warsito, Tim Ops Divpropam juga melakukan tes urine yang bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan narkotika serta obat-obat terlarang di kalangan kepolisian.

Dalam gelaran tes urine ini, Div Propam Mabes Polri mengajak dua orang personel Bidang Dokkes langsung dari Mabes Polri serta juga bekerjasama dengan personel Bidang Dokkes Polda Sumsel.

“Hasil dari pemeriksaan urine akan dilaporkan kepada pimpinan, termasuk Kapolda Sumsel. Bagi mereka yang positif terlibat penyalahgunaan narkotika ya jelas langsung kita masukan ke sel dan akan menjalani sidang disiplin. Serta juga akan dikenakan sanksi sesuai tingkatan bahkan hingga pemecatan,” tegas dia.

Lebih lanjut disampaikan Sesro Provos Mabes Polri ini, jika Operasi Gaktibplin yang dipimpinnya tersebut tidak hanya dilakukan terhadap personel Polres Prabumulih saja, namun melainkan juga dilakukan di tujuh wilayah hukum Polres jajaran Polda Sumsel. 

Dalam kegiatan pemeriksaan tersebut, juga diketahui belasan personel yang rambutnya terlihat panjang dipisahkan dari personel lainnya dan diberikan peringatan untuk mencukur dan merapikan.

Reporter : Hardoko Susanto Editor : Zul Mulkan 280