Berita :: GLOBALPLANET.news

Suasan Saresehan Perhutanan Sosial Sumsel 2019 di aula Asrama Haji, Senin (1/4/2019). (Foto:Karerek)

01 April 2019 20:01:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Mawardi Yahya mengingatkan masyarakat yang telah memiliki izin perhutanan sosial agar memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik dengan cara tepat dalam memilih tanaman yang ingin kelola.

Menurut orang nomor dua di Sumsel ini, dalam memanfaatkan perhutanan sosial masyarakat harus tepat memilih jenis tanaman yang ditanam agar tidak salah tanam. 

“Sesuaikan tanaman dengan tanahnya, agar cocok. Silahkan koordinasi dengan pihak Dinas Pertanian agar sesuai antara tanah dengan yang ingin ditanam,” ungkapnya usai menghadiri acara Saresehan Perhutanan Sosial Sumsel 2019 di aula Asrama Haji, Senin (1/4/2019).

Mawardi juga mengungkapkan, masyarakat harus memanfaatkan perhutan sosial dengan baik untuk kesejahteraan.

Sementara itu, Direktur PKPS KLHK Erna Rosdiana mengatakan, masyarakat yang mendapatkan izin perhutanan sosial akan diberikan dana berupa bibit untuk ditanam di hutan masing-masing. 

Untuk skema peminjaman modal sendiri, ungkapnya, bisa dikembalikan saat sudah panen bahkan mencapai durasi hingga 7 tahun atau panen. 

“Untuk bantuan dana pinjaman dari bank, durasinya hanya maksimal dua tahun saja. Bahkan, masyarakat bisa meminta bantuan dana pinjaman jika pemanfaatan perhutanan sosial dianggap potensial,” ucapnya. 
 

Reporter : Globalplanet Editor : Karerek 204