Berita :: GLOBALPLANET.news

Anggota Komisi IV DPRD Medan berdialog dengan warga korban robohnya gedung Big White Coffee Medan, Selasa (9/4/2019). (Foto: Hendrik)

09 April 2019 17:46:13 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET - Gedung Big White Coffee yang terletak di Jalan Gagak Hitam/Ring Road, Medan, Sumatra Utara roboh, Senin malam (8/4/2019). Komisi IV DPRD Medan akan memanggil pemilik bangunan yang roboh dan menimbulkan korban.

Komisi IV yang menangani persoalan konstruksi dan infrastruktur, berencana melakukan pemanggilan terhadap pemilik bangunan, Acai Gunaran.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Medan, Abdul Rani yang didampingi anggota Komisi Parlaungan Simangunsong dan Ahmad Arief saat kunjungan ke lokasi kejadian, Selasa (9/4/2019) siang.  

Tim Komisi IV DPRD Medan saat itu turut didampingi instansi terkait dari Pemko Medan yakni Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Qamarul Fattah dan Jhon Lase.

Di lokasi sendiri para wakil rakyat yang dipimpin Abdul Rani, Fraksi PPP, berdialog dengan keluarga Togaraja Manurung (75) yang berada di Jalan Ring Road Gang Dame, Medan, yang berada di samping bangunan serta salah satu keluarganya menjadi korban.

Togaraja didampinggi istri R boru Sinurat mengatakan keluarganya beserta ketujuh anaknya telah tinggal selama 30 tahun di lingkungan setenpat. Ia mengaku  sangat terkejut rumahnya ikut hancur akibat terkena reruntuhan Gedung Big White Coffee. 

Ia mengatakan, bahwa sekitar lima tahun Big White Coffee beroperasi, pemiliknya bangunan tak sekalipun pernah berjumpa serta berbicara dengannya. "Saat hendak merenovasi Big White Coffee yang berlantai 3, meningkatkannya menjadi 5 lantai, tidak ada yang memberi tahu," katanya.

Hingga malapetaka robohnya gedung tersebut terjadi dan mengakibatkan salah seorang putranya, Febri Manurung (17) menjadi  korban tertimpa bongkahan bangunan.

Reporter : Hendrik Editor : Zul Mulkan 70