Berita :: GLOBALPLANET.news

Tumpukan sampah yang ada di Desa Air Itam Kecamatan Penukal. (Foto: Eko Jurianto)

13 Mei 2019 13:29:00 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Sejumlah tumpukan sampah terlihat menghiasi sepanjang pinggir jalan Desa Air Hitam Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Keberadaan sampah ini membuat ruas jalan utama menyempit dan mengancam kesehatan masyarakat Desa Air Hitam Pali. 

Salah satu warga Desa Air Itam, Hendri (36) mengungkapkan, aroma sampah yang menyengat dan mengganggu pernafasan warga saat menjalankan aktifas sehari-hari. 

“Kondisi sudah lama. Sebab seda Air Hitam tidak punya Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” keluhnya. 

Dijelaskannya, tumpukan sampah yang menyengat tersebut bisa ditemukan di beberapa titik dibeberapa lokasi termasuk di pinggir sungai. Keberadaan sampah ini membuat masyarakat cemas akan rentang diserang sejumlah penyakit. 

"Perairan kami kotor. Diperparah lagi kalau hujan turun atau air meluap dan sampah akan terbawa air serta mengotori tempat pemandian masyarakat. Tentu hal ini mengancam kesehatan warga yang biasa mandi di sungai atau diperairan," imbuhnya. 

Terpisah, anggota DPRD PALI asal Desa Air Hitam, Edi Eka Puryadi mengutarakan, permintaan warga untuk dibuatkan TPA sudah diajukan bahkan tinggal pelaksanaan. 

"Untuk TPA, seluruh desa di Kecamatan Penukal bakal dibangun di Desa Gunung Menang. Saat ini masih dalam kajian, dan mudah-mudahan tahun 2020 nanti bisa terealisasikan," jelas Eka.
 

Reporter : Eko Jurianto Editor : Karerek 149