Berita :: GLOBALPLANET.news

Para saksi tsaat mengisi berita acara sidang pleno di KPU Sumsel. (Foto: Rachmad Kurniawan)

13 Mei 2019 22:17:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Hasil rekapitulasi suara tingkat KPU Provinsi Sumsel telah selesai dilakukan. Dari hasil ini, Capres - Cawapres nomor urut 2 Pabowo - Sandiaga dinyatakan unggaul dari pasangan nomor urut 01, Jokowi Widodo – Ma’ruf Amin.

Pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan total memperoleh suara sebesar 59,6 persen dengan raihan 2.877.781. Sementara  pasangan Jokowi - Amin mendapatkan 40,3 persen dengan raihan 1.942.987 suara.

Ketua KPU Provinsi ,Sumsel Kelly Mariana mengatakan, untuk target partisipasi masyarakat dalam pemilu di Sumsel cukup melampaui target nasional.

"Di semua jenis surat suara tingkat partisipasi kita hampir 80 persen, faktor peningkatan partisipasi pemilu ini karena pemilu kali ini dilakukan serentak dengan pemilihan legislatif. Sehingga masyarakat datang tidak hanya ingin memilih presiden saja, tapi juga ikut memilih wakil rakyat," ujar Kelly usai penutupan rapat pleno, Senin (13/5/2019).

Terkait banyaknya aduan dan interupsi sepanjang jalannya rapat pleno rekapitulasi KPU Sumsel yang mulai sejak 9 -13 Mei 2019, pihaknya menerima sejumlah masukan sebagai instropeksi diri sendiri.

"Tentunya banyak catatan yang kami terima beserta masukan ini menjadi pelajaran untuk melaksanakan pemilu berikutny," tambah Kelly.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum Hepriyadi menambahkan, hal- hal yang belum memuaskan saksi akan diajukam ke yang mempunyai wewenang tersebut yaitu, Mahkamah Konstitusi RI.

"Memang dalam kontestasi ini tidak ada yang seluruhnya memuaskan, sekali lagi kami sampaikan kepada semua pihak ini belum berakhir masih ada putusan dari MK," tambahnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Karerek 344