Berita :: GLOBALPLANET.news

Atlet tengah menikmati makan di Pusat Pendidikan dan Latihan Daerah (PPLD) Muba. Fasilitas PPLD terus ditingkatkan bentuk keseriusan Pemkab setempat. (Foto: Amarullah Diansyah)

14 Mei 2019 10:57:53 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Peningkatan dan pembenahan fasilitas penunjang bagi para atlet yang tergabung dalam Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Muba, Sumsel terus dilakukan. Salah satunya dengan peningkatan ruangan di wisma atlet untuk dijadikan tempat makan.

"Ya kita sudah siapkan satu ruangan dan telah ditingkatkan fungsinya menjadi tempat makan atlet," ujar Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Muba, Muhammad Fariz S.STP, Selasa (14/5/2019).

Sejak 2007 lalu, sambung Fariz, belum ada satu ruangan khusus diperuntuhkan bagi para atlet untuk makan bersama. Pada tahun ini, dimana peningkatan fungsi yang telah dilakukan tidak terlepas dari beberapa perusahaan yang peduli pada pembinaan untuk para atlet-atlet Muba.

"Mereka selama ini makan di kamar masing-masing. Sekarang sudah bersama dalam 1 ruangan, sarana dan prasarana sendiri dibantu perusahaan," ungkap Fariz.

Meskipun begitu, Fariz mengakui saat ini ruang makan atlet masih memiliki keterbatasan daya tampung, sehingga untuk makan harus dibagi dua shift. "Jadi puasa kali ini berbeda, karena sudah diberikan fasilitas yang lebih baik dan terasa seperti di rumah sendiri. Karena untuk jumlah atlet kita mencapai lebih kurang 150 orang, hanya saja tidak seluruhnya menginap di wisma atlet. Yang menginap cabang olahraga Pencak Silat, Taekwondo, Sepak Bola, Renang dan Bola Voly," beber dia.

Pihaknya terus berupaya memenuhi kebutuhan sarana maupun prasarana para atlet. Guna memberikan motivasi dalam meraih prestasi, serta tidak hanya itu para atlet juga dibekali ilmu akademis dan agama.

"Inilah wujud keseriusan kami, tidak hanya pembinaan fisik untuk meraih prestasi tapi pemberian bidang akademis dilakukan. Agar kapasitas akademis harus selaras dengan peningkatan prestasi olahraga," tegas dia.

Rizky salah satu atlet Taekwondo mengaku senang telah adanya ruangan khusus makan para atlet, karena selama ini tidak ada. Jadi kami makan di kamar masing-masing ketika menerima catering. "Senanglah, kami dikumpulkan 1 ruangan makan bersama ada dari cabor lain jadi 1," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Zul Mulkan 156