Berita :: GLOBALPLANET.news

Foto bersama Pemkot Binjai bersama tamu undangan. (Foto: Hendrik Hutabarat)

15 Mei 2019 16:17:00 WIB

BINJAI, GLOBALPLANET - Pemerinta Kota (Pemkot) Binjai kembali menggelar "Binjai Berliterasi untuk Negeri" yang kedua kali, Rabu (15/5/2019).

"Literasi diharapkan mampu membangun semangat bersama untuk menumbuhkan cakrawala pengetahuan masyarakat, khususnya generasi muda sekaligus upaya membudayakan literasi ditengah-tengah masyarakat," ujar Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan saat menyampaikan kata sambutan. 

Binjai merupakan kota kecil yang berjarak hanya satu jam dari kota Medan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara. 

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dari Komunitas Binjai Kota Cerdas (KBKC), Kagama Sumut, PT Pertamina Lubricant, Tim Penggerak PKK Kota Binjai dan Pemkot Binjai sendiri. 

Kata dia, menjelang akhir tahun 2018 telah diluncurkan Kampung Literasi di Kota Binjai. Kegiatan itu diinisiasi oleh KBKC dan Tim Penggerang PKK bersama dengan Pemerintah Kota Binjai melalui Nota Kesepakatan Bersama atau MoU. 

"Saya kira apa yang kita laksanakan ini merupakan perwujudan komitmen bersama, sebagaimana yang telah kita sepakati dalam Nota Kesepakatan Berasama atau MoU", ucapnya. 

"Ke depannya saya sangat berharap agar komitmen yang telah kita bangun dapat terus ditindaklanjuti guna lebih memajukan kegiatan literasi di Kota Binjai, dengan harapan literasi dapat tumbuh mengakar dengan baik ditengah-tengah masyarakat sekaligus dalam upaya terwujudnya masyarakat dan Kota Binjai yang cerdas Sebagaimana yang menjadi penekanan utama dalam visi pembangunan Kota Binjai Tahun 2016-2021," harapnya. 

Sales Region Manager II PT Pertamina Lubricant Sinung Wikantoro memberikan apresiasi yang tinggi dan juga dukungan pada kegiatan literasi ini dengan harapan dapat menciptakan generasi muda yang berdaya saing.

"Pertamina sangat mendukung gerakan literasi yang dicanangkan oleh Kelompok Binjai Kota Cerdas ini agar semakin banyak generasi muda kita yang tidak hanya mau membaca tetapi juga mulai mau menulis sehingga kita dapat mencetak generasi-generasi muda yang berdaya saing," katanya. 

Beberapa rangkaian agenda kegiatan literasi yang dilaksanakan adalah peluncuran buku antologi cerpen "Ada Orang Lain Di Dalam Tubuhku", lomba menulis cerpen, pemutaran film, pelatihan dan orasi literasi. 

“Tim lanjut bekerja bulan Mei ini, selesai dan sudah tersusun dalam buku perencanaan. Sehingga bulan Juni sudah kita kerjakan apa yang bisa kita kerjakan. Dan sudah bisa kita umumkan ke rakyat bahwa Kota Medan bebas banjir tahun sekian,” ujarnya.

Menurut Gubernur, penanganan banjir Kota Medan harus segera diselesaikan. Karena Medan adalah ibu kota Provinsi Sumatera Utara. 

“Ini semua untuk Sumatera Utara, wajah Sumut itu ada di Medan, selesaikan secepatnya, tidak bisa ditunggu lama, saya mau persoalan ini selesai sehingga rakyat tak susah,” katanya.

Reporter : Hendrik Hutabarat Editor : Karerek 157