Berita :: GLOBALPLANET.news

Dinkes OKU Timur, Sumsel menggelar pelayanan berobat gratis bersamaan dengan kegiatan Safari Ramadhan. (Foto: Ist)

15 Mei 2019 16:20:07 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Membantu dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan tentang kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU Timur membuka stand pelayanan kesehatan secara gratis untuk masyarakat di setiap kegiatan safari ramadhan.

Sesuai rencana, Pelayanan kesehatan tersebut akan dilakukan di lima titik selama kegiatan safari Ramadhan berlangsung, salah satunya di Desa Pemetung Basuki, Kecamatan BP Peliung, Selasa (14/05/2019).

Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Zaenal Abidin menjelaskan, selain untuk memudahkan masyarakat dalam mengecek kesehatan diantaranya cek kolesterol, cek tensi dan cek darah pihaknya juga membuka pelayanan cek golongan darah bekerjasama dengan PMI OKU Timur, untuk membantu masyarakat yang belum mengetahui golongan darah.

"Dibukanya pelayanan kesehatan gratis ini untuk membantu masyarakat khususnya yang kurang mampu dalam mengecek kondisi kesehatan. Selain itu pelayanan ini juga bentuk nyata kepedulian Pemkab melalui Dinas Kesehatan OKU Timur dalam memperhatikan kesehatan masyarakat," tambahnya. 

Untuk tenaga kesehatan yang turun dalam setiap pelayanan sedikitnya sebanyak 15 orang. Tenaga tersebut berasal dari tiga Puskesmas yang  terdekat dari lokasi kegiatan pelayanan.

"Saat ini baru satu titik pelayanan yang telah kita lakukan di Desa Pemetung Basuki, Kecamatan BP Peliung. Selanjutnya pada Kamis (16/05) akan dilakukan di Desa Kedu, Kecamatan Buay Madang Timur dan Senin (20/05) akan dilakukan di Desa Karang Sari, Kecamatan Belitang III. Kemudian pelayanan juga akan dilanjutkan pada Rabu (22/05) di Desa Minanga Tengah, Kecamatan Semendawai Barat serta di titik terakhir Selasa (28/05) di  Desa Sukaraja, Kecamatan Buay Madang," katanya.

Diharapkan, dengan dibukanya pelayanan kesehatan secara gratis seluruh masyarakat khususnya di wilayah pedesaan bisa lebih mudah memeriksakan kesehatan, sehingga dapat mencegah dan meminimalisir penyebaran penyakit terhadap masyarakat. "Semoga dengan adanya pelayanan ini masyarakat lebih peka dalam memeriksakan kesehatannya, sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit," imbuhnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 253