Berita :: GLOBALPLANET.news

Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap dan Istrinya Masdoripa Siregar serta sejumlah TS Sukses mereka difoto bersama sebelum dimasukkan ke rumah tahanan (Rutan) Gunung Tua, Kamis malam (16/5/2019), sekitar pukul 22'30 WIB. (Foto: Ist)

17 Mei 2019 11:11:00 WIB

PALUTA, GLOBALPLANET - Kejakasaan Negeri Padang Lawas Utara (Kejari Paluta), Sumatera Utara menjebloskan Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap dan Istrinya Masdoripa Siregar ke rumah tahanan (Rutan) Gunung Tua, Kamis malam (16/5/2019), sekitar pukul 22'30 WIB.

Informasi yang diperoleh globalplanet, Jumat pagi (17/5/2019), menyebutkan selain Hariro dan istri, turut dieksekusi empat orang lainnya yang merupakan tim sukses Hariro, yakni Sabaruddin Harahap, Mual Harahap, Samsurijal Harahap dan Fakih Imam Muda Harahap, 

Hariro CS divonis Pengadilan Negeri Padang Sidimpuan dengan hukuman penjara 1 bulan 15 hari, karena terbukti melakukan money politic pada pemilu 17 April 2019 lalu.

“Iya, malam ini kita sudah mengeksekusi Hariro Harahap bersama 5 orang lainnya ke Cabang Rumah Tahanan Gunung Tua,” ujar Kasi Pidum Kejari Paluta, Bambang Adi Putra SH didampingi JPU Horas Erwin Siregar SH dan Ferawati Manalu SH kepada wartawan. 

Kepala Cabang Rutan Gunung Tua, Sangapta Surbakti, mengatakan pihaknya sudah menerima keenam orang tersebut, berkas lengkap dan sudah dilakukan tes kesehatan oleh tim medis.

Sekadar mengingatkan, kasus ini berawal pada 14 april 2019 lalu. Pada saat masa tenang kampanye, H Hariro Harahap beserta 14 orang tim sukses tertangkap OTT Polres Tapanuli Selatan di Rumah Dinas Wakil Bupati Padang Lawas Utara. 

Dalam OTT ini, polisi menemukan 1500 lebih amplop berisi uang Rp100 – 200 ribu, yang siap dibagi-bagikan kepada pemilih. H. Hariro Harahap membagi-bagikan Amplop berisi uang tersebut untuk memenangkan istrinya, Masdoripa Siregar Caleg dari Partai Gerindra. 

Reporter : Hendrik Editor : Zul Mulkan 267