Berita :: GLOBALPLANET.news

(Ilustrasi: Ist)

21 Mei 2019 17:18:00 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Rasyid (43), warga Kelurahan Mangun Jaya, Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel tak berkutik diringkus jajaran Sat Reskrim Narkoba Polres Muba, sekitar pukul 13.30 WIB, di kediamannya, Senin (20/2/2019).

Pria pengangguran ini ditangkap lantaran menjadi bandar sekaligus pengedar narkotika jenis sabu-sabu di sekitar kediamannya. Dari tangan Rasyid berhasil diamankan 33 paket narkotika jenis sabu dengan berat bruto 72,55 gram.

"Ya, dia (Rasyid) ditangkap saat sedang berada di dalam rumah miliknya," ujar Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, melalui Kasat Narkoba Polres Muba, AKP Hidayat Amin, Selasa (21/5/2019).

Penangkapan pelaku sendiri, sambung Amin, berawal dari masuknya infomasi dan laporan warga bahwa di tempat pelaku tinggal sering dijadikan lokasi transaksi jual beli narkotika jenis sabu-sabu.Dari informasi itulah, pihaknya melakukan penyelidikan, hingga akhirnya penggerebekan dilakukan.

"Saat dilakukan pemeriksaan, barang bukti narkotika jenis sabu-sabu ditemukan di dalam dompet warna hijau yang berada dalam rumah pelaku. Pelaku sudah lama jadi target kita karena ia sudah lama menjalani bisnis barang haram ini. Sekarang sudah kita amankan guna jalani pemeriksaan lebih lanjut," jelas dia.

Sementara, pelaku Rasyid mengatakan, dirinya baru dua bulan terakhir menjalani bisnis jual beli narkotika jenis sabu. Hal itu dilakukan karena dirinya tidak memiliki pekerjaan tetap. "Aku pengangguran, jadi jual sabu saja, sudah hampir tiga bulan," jelas dia.

Uang hasil penjualan narkotika jenis sabu tersebut, sambung dia, digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Besaran penghasilan yang didapatkan setiap harinya berbeda. "Habis untuk kebutuhan, penghasilan setiap hari tidak tentu. Aku jual dengan orang yang datang kerumah. Biar tahu sabunya bagus atau tidak, aku juga pakai," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Zul Mulkan 177