Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi. (Foto:Ist)

22 Mei 2019 16:03:38 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Mulai tahun ajaran baru 2019-2020, siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Palembang akan belajar tanpa menggunakan buku lagi. Hal ini disebabkan SMAN 3 Palembang mulai beralih belajar menggunakan sistem digital.

Kepala SMAN 3 Palembang, Purwiastuti Kusumastiwi mengatakan, mulai tahun ini SMAN 3 Palembang akan membuka dua kelas digital, yakni satu kelas untuk jurusan IPA dan satu kelas untuk jurusan IPS.

“Ini tahun perdana, kita baru buka dua kelas digital dulu bagi anak baru untuk tahun ajaran 2019-2020,” ungkapnya kepada Globalplanet, Rabu (22/5/2019).

Dijelaskan Purwiastuti, bagi siswa yang memilih kelas digital tersebut akan belajar menggunakan sistem digital dan tidak perlu membawa buku saat ke sekolah. Sistem belajar digital ini dinilai akan lebih praktis dan tidak membebani siswa membawa buku dengan jumlah banyak saat ke sekolah.

“Siswa sekolah tidak perlu bawa buku lagi. Mereka cukup membawa satu Ipad, disanalah mengerjakan tugas, mendapatkan materi dan lain sebagainya,” paparnya.

Dalam penerapannya, pihak sekolah akan memberikan fasilitas kepada guru mata pelajaran. Selain itu, pihaknya juga akn melatih 15 guru yang akan mengajar mata pelajaran di kelas digital tersebut.

“Guru kita beri pelatihan. Untuk siswa mereka menggunakan Ipad sendiri,” ucapnya.

Ditambahkannya, siswa yang ingin ikut kelas digital akan diseleksi terutama terkait kesediaan orang tua untuk memberikan fasilitas Ipad kepada siswa sebagai sarana pembelajaran di sekolah.

“Hanya dua kelas yang menggunakan sistem digital, inipun bagi yang bersedia saja. Sisanya tetepa belajar seperti biasa yakni menggunakan buku,” tegasnya. 

Reporter : Globalplanet Editor : Karerek 146