Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumut Abyadi Siregar. (Foto: Hendrik)

01 Juni 2019 07:59:00 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET - Hari ini Sabtu (1/6/2019) pagi sekitar pukul 10.00 WIB, Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Sumut mengagendakan inspeksi mendadak atau sidak kesiapan angkutan mudik lebaran. Rencana awal ke Pelabuhan Belawan dan Bandara Kualanamu.

"Kami berencana sidak ke Terminal Bandar Deli yang ada di Pelabuhan Belawan. Di situ kami akan melihat beberapa hal kesiapan layanan, seperti kesiapan petugas, dari mulai jumlah petugas dan strategi layanan," ujar Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar, Sabtu (1/6) pagi.

Selain itu, pihaknya juga ingin tahu informasi standar layanan, ketersediaan maklumat layanan, loket atau informasi pengaduan, fasilitas keselamatan dan keamanan seperti alat pemadam kebakaran, perlengkapan P3K, CCTV, dan sebagainya. 

"Kami juga ingin melihat kondisi ruang tunggu, layanan penjualan tiket, termasuk dalam hal ini kehandalan atau keteraturan penjualan tiket. Kmai.juga ingin melihat kondisi toilet,  Mushollah, fasilitas bagi penyandang disabilitas," kata Abyadi.

Kata dia, ORI Perwakilan Sumut juga ingin memastikan adanya ruangan dan fasilitas untuk ibu menyusui, tempat parkir ynag memadai, lalu pelayanan bagasi penumpang termasukbjasa Potter berseragam,  posko kesehatan, dan lainnya.

Ditanya tentang kunjungan ke Kuala Namu International Airport (KNIA/Bandara Kuala Nmau), Abyadi menyebutkan ORI Perwakilan Sumut ingin memastikan adanya kesiapan petugas, dari mulai jumlah petugas dan strategi layanan, .informasi standar layanan:

Kemudian, ketersediaan informasi berbagai jenis atau produk layanan, informasi syarat-syarat layanan, biaya/tarif,  sistem, mekanisme, dan prosedur, ketersediaan maklumat layanan, loket/informasi pengaduan, fasilitas keselamatan/keamanan seperti: alat pemadam kebakaran, perlengkapan P3K, CCTV, dan sebagainya.

"Seperti di Bandar Deli Pelabuhan Belawan, kami juga ingin melihat pakah di Bandara Kuala Namu ada fasilitas bagi penyandang disabilitas, ruangan dan fasilitas untuk ibu menyusui, fasilitas troly, pelayanan bagasi penumpang dalam hal ini jasa Potter berseragam, posko kesehatan, dan sebagainya," ujar Abyadi.

Reporter : Hendrik Hutabarat Editor : M.Rohali 195