Berita :: GLOBALPLANET.news

Salah produk penjualan benih palsu mengatasnamakan benih PPKS di toko online (Foto: Ist)

28 Juni 2019 14:06:12 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET - Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan membantah telah menjual benih sawit melalui sistem online.

Sikap ini dilakukan menanggapi maraknya penjual benih saiwit berlabel PPKS di sejumlah toko online. 

Salah satu peneliti senior PPKS,Soeroso Rahutomo mengatakan,  seluruh benih sawit yang mengatasnamakan benih PPKS yang dijual di toko online adalah benih palsu.

"Kami dari PPKS tak pernah menjual kecambah atau benih melalui toko online. Kami tegaskan, yang di online-online itu, apalagi yang mengatasnamakan PPKS, adalah palsu," kata Soeroso Rahutomo kepada para wartawan di Medan, Jumat (28/6/2019).

Menurutnya, salah satu indikasi benih palsu yang dijual lewat toko online tersebut mengatas namakan PPKS dengan menebutkan "Dijual Benih PPKS DxP Super".  Benih PPKS DxP Super bukanlah hasil produkrsi dari PPKS. 

Tak hanya itu, Dia menegaskan, untuk membeli kecambah PPKS harus dengan syarat tertentu dan menyerahkan data  diri serta akan mendapatkan layanan purnajual PPKS. 

"Kepada para stakeholders kami, termasuk kepada para petani sawit, tolong berhati-hatilah dalam membeli kecambah sawit. Kalau mau benih PPKS, beli langsung ke kantor kami. Atau, kami punya kantor cabang dan punya program Prowitra atau Program Sawit Untuk Rakyat, di mana kami yang akan mendatangi para petani sawit untuk menunjukan kecambah PPKS yang asli," tegas Soeroso Rahutomo.

Reporter : Hendrik Hutabarat Editor : Karerek 1525