Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi. (Foto: Ist)

07 Juli 2019 15:48:00 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sungai Ibul Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) diprediksi akan menjadi berjalan dengan suasan panas. Menurut kabar yang beredar, Pilkades tersebut bakal diikuti oleh dua pasang calon (Paslon).

Dua nama kuat yang muncul menjadi bakal calon Kades Desa Sungai Ibul tersebut, yakni petahana Maryono atau kerap disapa Ono dan rivalnya Wahyudinia atau Yudi. 

Keduanya merupakan penduduk desa Sungai Ibul yang memiliki visi misi masing-masing dalam mencuri simpati para pendukungnya.

Sebagai informasi, Desa Sungai Ibul merupakan satu dari 34 desa di Bumi Serepat Serasan yang akan melaksanakan Pilkades pada 29 Agustus 2019 mendatang.

Untuk meredam konflik, dua bakal paslon sudah mewanti para pendukungnya untuk tidak membuat keributan dan terprobokasi oleh hal-hal yang akan menimbulkan konflik.

"Tergantung pada dua belah pihak dalam membawa pendukungnya, harapan kita agar dapat memberikan penjelasan kepada masanya atau pendukung. Sebagai bacalon cenderung berdiam diri, biasanya kawan-kawan yang mendukung mudah tersulut, kita berharap dapat meredam kondisi yang kondusif dan mengikuti aturan yang ada," ucap Paslon Maryono, Minggu (7/7/2019).

Dia berharap, setelah penentapan calon kades dan sebelum pemilihan, hendaknya ada pertemuan antara calon untuk duduk bareng yang bertujuan agar dapat menghasilkan Pilkades yang bersih.

"Sangat mengharapkan ada kesepakatan dan koordinasi terkait kemajuan desa yang nantinya difasilitasi panitia pelaksana. Bisa saja isi kesepakatan nanti berbentuk sanksi, artinya calon Kades harus dapat mengayomi para pendukungnya," ungkapnya.

Dijelaskannya, dirinya maju lagi pada Pilkades ini karena merasa tugas dan program yang dijalankan para priode sebelumnya belum terselesaikan.

"Disamping permintaan masyarakat, masih banyak hal yang belum dijalankan atau terlaksana dan kita juga sebagai Kades incumbent yang perdana mencalonkan lagi. Kalau untuk prediksi, target kita harus menang," katanya.

Terpisah, Wahyudinia atau yang lebih dikenal warga Sungai Ibul dengan panggilan Yudi, merupakan bakal menyalonkan diri melawan petahanan mengatakan, keyakinan dan dukungan sejumlah masyarakat membuat dirinya terpanggil untuk maju dalam Pilkades.

"Saya maju karena keyakinan panggilan dari masyarakat. Kalau untuk gesekan ataupun kabar panas yang beredar diluar sana itu benar, namun untuk kenyataannya bahwa disini tetap dingin dan tenang, tidak ada persaingan ataupun perselisihan, itukan hanya isu diluar saja," jelasnya.

Terkait wacana pertemuan antar bakal calon Kades, dirinya akan mengikuti jika difasilitasi oleh panitia pelaksana.

"Kita akan penuhi jika memang akan ada pertemuan dengan calon Kades lain, kita jalankan ketentuan dari pihak panitia penyelenggara,” ungkapnya.

Ditanya soal program yang akan dibawanya, Yudi menjelaskan, dirinya akan menampung aspirasi atau keinginan yang dibutuhkan masyarakat umum.

"Tentu kepentingan umum dan bermanfaat untuk masyarakat yang kita lanksanakan, baik segi bangunan maupun fasilitas lainnya, inilah pengabdian diri sesungguhnya. Soal cari simpanti kita lakukan sebisa mungkin membantu masyarakat yang memang membutuhkan," jelasnya.

Reporter : Eko Jurianto Editor : Karerek 329