Berita :: GLOBALPLANET.news

Hubungan yang harmonis unsur Forkopimda Sumut terlihat di acara peringatan HUT ke-73 Bhayangkara di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (10/7/2019). (Foto: Ist)

11 Juli 2019 13:42:00 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi ternyata berharap dan ingin sekali mengembalikan marwah dan kejayaan Lapangan Merdeka Medan seperti sedia kala, sebagai ruang terbuka hijau (RTH) dan pusat berkumpul bagi warga Kota Medan dan Provinsi Sumatera Utara.

Dari keterangan resmi pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang diterima globalplanet.news, Kamis (11/7/2019), keinginan Gubsu Edy Rahmayadi itu terungkap saat Gubsu berbincang-bincang dengan Pangdam I/BB Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, dan Kajati Sumut Fachruddin, di acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Bhayangkara di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (10/7/2019).

Kata Gubsu, keinginannya itu sesuai dengan visi dan misi pihaknya untuk menjadikan Sumut yang bermartabat, baik bermartabat dalam lingkungan karena ekologinya yang terjaga, alamnya yang bersih dan indah, penduduknya yang ramah, berbudaya, berperikemanusiaan, dan beradab.

Menurut Gubernur, tidak ada yang tidak mungkin, termasuk mengembalikan Lapangan Merdeka sebagai RTH untuk rakyat. Berbagai aktivitas bisnis dan lainnya, yang saat ini masih berada di Lapangan Merdeka, bisa dipindahkan ke tempat lain yang lebih strategis.

Selain itu, kata dia, sebagai warisan sejarah, Lapangan Merdeka juga perlu dirawat dan dijaga. Termasuk masyarakat, harus berpartisipasi menjaganya. Jangan sampai ada pihak tertentu yang merusak lapangan tersebut.

“Karena di Sumut ini lapangan besar warisan sejarah hanya tinggal beberapa saja selain Lapangan Merdeka. Ini harus dirawat dan dijaga,” kata Edy Rahmayadi.

Reporter : Hendrik Editor : Zul Mulkan 82