Berita :: GLOBALPLANET.news

Petugas dari Dinas Pertanian bersama petani di Desa Jaya Mulya Kecamatan Semendawai Suku III, OKU Timur pada Selasa(16/07/2019), bergotongroyong membasmi hama WBC, dengan cara menyemprotkan pestisida. (Foto: Dadang Dinata)

16 Juli 2019 17:43:57 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Petugas dari Dinas Pertanian bersama petani di Desa Jaya Mulya, Kecamatan Semendawai Suku III, OKU Timur, Sumsel bergotongroyong membasmi hama Wereng Batang Coklat (WBC), dengan cara menyemprot hama penyerang tanaman padi dengan pestisida.

Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Sujarwanto didampingi Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Semendawai Suku III Sulinah, mengatakan pencegahan secara dini tersebut dilakukan supaya penyebaran WBC tidak semakin meluas sehingga mengancam produktivitas tanaman padi. Contohnya yang dilakukan di Desa Jaya Mulya, Kecamatan Semendawai Suku III, petani melakukan penyemprotan massal dengan pestisida bantuan pemerintah.

"Populasi WBC masih sangat rendah per batang padi. Meski begitu harus dikendalikan agar tanaman padi tidak diserang hama wereng,’’ ujarnya.

Dinas Pertanian menyediakan obatan-obatan pestisida yang bisa diperoleh petani dengan gratis. Karena wereng merupakan salah satu hama yang sering menyerang lahan persawahan. Penyebaran wereng cukup cepat sehingga perlu diwaspadai. "Lebih baik mencegah sejak dini penyebaran hama wereng karena berkembang biak sangat cepat apalagi setelah terjadi hujan,” katanya.

Dia menhimbau petani waspada terhadap hama wereng ini, terus melakukan pengamatan di lahan pertanian secara rutin. "Jika ke sawah dilihat dan dibuka rumpun padinya, apakah ada hama apa tidak,  jika ada segera diatasi dan laporan kepada PPL setempat," sebutnya.

Selain pestisida, petani bisa mengunakan Insektisida Nabati dan bisa membuat sendiri dengan memanfaatkan  tumbuhan di lingkungan sekitar diantaranya buah maja, gadung dan tembakau.

Sementara Samsul, salah satu petani berterima kasih kepada Dinas Pertanian, karena telah memberikan peyuluhan dan penyemprotan masal, untuk mencegah hama wereng meyerang lahan pertanian di Desa Jaya Mulya. 

"Di wilayah kita belum terlalu banyak serangan hama wereng ini, tentu kita berterimakasih kepada pemerintah karena telah memberikan peyuluhan dan bantuan obat wereng. Kita berharap lahan pertaniannya tidak diserang wereng, karena sudah dilakukan pencegahan dan hasil panen nanti mendapatkan hasil yang maksimal," katanya. 

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 124