Berita :: GLOBALPLANET.news

Petani gotong royong membuat jalan hasil hibah untuk jalan usaha tani. (Foto: Yayan Darwansah)

17 Juli 2019 08:16:00 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET - Untuk mempermudah transportasi pengangkutan hasil bumi, puluhan petani di Dusun Tegur Wangi Pagaralam, rela menghibahkan lahannya untuk dibuat jalan. Lahan yang dihibahkan petani untuk pembuatan jalan sepanjang 1 kilometer dengan lebar 3 meter.

Upaya ini atas hasil kekompakan petani agar akses jalan bisa terbentuk sehingga kendaraan roda dua maupun roda empat bisa masuk untuk mengangkut hasil pertanian.

Ardian (34) salah satu petani mengungkapkan, selama ini di kawasan tersebut hanya ada jalan setapak atau melewati pelang sawah. Akibatnya, jika panen petan harus mengeluarkan biaya angkut yang cukup besar karena menggunakan tenaga manusia.

"Kami berharap dengan dibuatnya jalan ini hasil bumi bisa diangkut dengan mudah. Apalagi, disini petani rela menghibahkan tanah yang masih ada tanamannya baik itu padi, sop maupun tanaman lainnya," ungkap dia.

Dikatakannya, lahan yang dibuka jalan atas dasar hibah ini panjangnya kurang lebih 1 kilometer dengan lebar 3 meter. Jalan ini sudah dibuat dengan cara gotong royong sehingga sudah dibuka.

Senada diungkapkan Sapri (53) petani lainnya, dengan dibukanya jalan ini kedepan diharapkan pemerintah bisa membangun baik dengan cara diaspal maupun cor beton. Sebagai daerah pertanian, jalan usaha tani ini sangat penting untuk membantu petani.

"Kami berharap pemerintah bisa membangun jalan ini. Sebagai petani kami sangat berharap jalan ini bisa seperti jalan pertanian didaerah lain yang sudah bagus," tukasnya

Reporter : Yayan Darwansah Editor : M.Rohali 171