Berita :: GLOBALPLANET.news

Kejari OKU Timur saat menggelar upacara Hari Bhkati Adiyaksa ke 59, pada Senin (22/07/2019). (Foto: Dadang Dinata)

22 Juli 2019 10:28:59 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Kejari OKU Timur melaksanakan upacara Hari Bhakti Adiyaksa ke 59, Senin (22/7/2019). Upacara dipimpin langsung oleh Kajari Ismaya Herawardanie. Dalam kesempatan itu, kajari mengajak jajarannya kedepan lebih berpartisipasi untuk menjaga keutuhan NKRI dengan cara menjalankan tugas dan fungsi yang sudah diamanahkan.

“Untuk menjaga harmoni antara Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Timur harus ada komunikasi baik dengan seluruh lapisan masyarakat termasuk wartawan. Karena dengan jalinan komunikasi yang baik akan terjalin hubungan yang harmonis,” kata Kajari.

Memberikan wawasan hukum kepada masyarakat, menurut kajari, hal itu juga menjadi tanggungjawab kejaksaan. “Salah satu upaya yang kita lakukan dalam rangka memberikan pemahaman hukum pada masyarakat yakni, dengan kegiatan jaksa masuk sekolah dalam rangka memberikan wawasan hukum sejak dini bagi generasi muda,” ungkapnya.

Mengenai penanganan perkara, pihaknya tidak pernah memberi target, tapi akan konsisten melakukan penegakan terhadap pelanggar hukum. “Ada beberapa perkara yang sudah tahap penyelidikan, banyak melakukan pencegahan dan pengawalan terhadap pembangunan pemerintah. Pengawalan dilakukan agar hasil pembangunan sesuai dengan harapan," ujarnya.

Kajari juga menambahkan, perkara yang menonjol di OKU timur yakni Pidana Umun (Pidum) Pencurian dengan Pemberatan (Curat), Pencurian dengan Kekerasan (Curas) dan pembunuhan. Sementara kasus narkoba hingga sekarang masih menjadi kasus yang cukup tinggi, ada perkara narkoba yang cukup besar hingga barang buktinya hingga 2 kilogram.

"Kasus penyalahgunaan Narkoba sangat memprihatinkan dan harus menjadi perhatian seluruh komponen masyarakat," tambahnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 340