Berita :: GLOBALPLANET.news

22 Juli 2019 17:32:18 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (BhabinKamtibmas) Polres Musi Banyuasin (Muba) menorehkan prestasi. Bhabinkamtibmas di Muba dinilai memiliki inovasi dan dedikasi tinggi sehingga mampu mencegah Karhutla.

Dibawah satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) dipimpin Iptu Ricky Mozam SH MH, Bhabinkamtibmas atas nama Aipda Rusdi Artanto SH memperoleh Pin Emas atas inovasi dan dedikasi disematkan langsung Wakapolda Sumatera Selatan (Sumsel)  Brigjen Pol Drs Denni Gapril SH, di halaman Mapolda Sumsel, Senin (22/7/2019).

Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Firli M. Si melalui Wakapolda mengungkapkan rasa terima kasih atas kerja keras dalam kedekatan dengan masyarakat terlebih Inovasi dan dedikasinya dalam pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kecamatan Bayung Lencir sehingga mendapat Pin Emas dari Kapolri.

"Oleh karena itu, diharapkan kepada saudara Aipda Rusdi agar menularkan ilmu Bhabinkamtibmas ke rekan – rekan yang lain dan Bhabinkamtibmas juga adalah pengemban fungsi intelejen terbuka atau menjadi garda terdepan polri, sekaligus meningkatkan humanisme dan selalu berbuat baik pada masyarakat," kata Wakapolda.

Sementara itu, Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Binmas Iptu Ricky Mozam SH MH menambahkan, bahwa Aipda Rusdi bertugas di Polsek Bayung Lencir. Yang mana, beliau mengembangkan Inovasinya diantaranya berupa mobil pribadinya dimodifikasi menjadi mobil sosialisasi karhutlah serta Inovasi mobil perpustakaan keliling. "Nah dari sanalah, Aipda Rusdi mendapatkan Pin Emas dari Kapolri, dimana menjadi Juara 1 lomba Bhabinkamtibmas di tingkat Polda dan mewakili Polda Sumsel untuk lomba Bhabinkamtibmas tingkat Nasional 2019," terangnya. 

Terpisah, Aipda Rusdi Artanto SH mengaku, bahwa tujuan memodifikasi mobil pribadinya karena Kecamatan Bayung Lencir pada tahun 2015 lalu terbanyak titik hotspot sehingga menyebabkan bencana kabut asap.  Dari sana, muncul ide untuk mensosialisasikan dari berbagai media salah satunya mobil pribadi, sebab tidak hanya dari mulut kemulut saja mengimbau untuk tidak membuka lahan dengan dibakar. 

Akan tetapi, dengan mobil ini bisa memberikan himbauan ke desa-desa binaan yang ada di Kecamatan Bayung Lencir. "Kita teknisnya keliling mengitari beberapa desa binaan. Dan, kalau ada pasar kalangan kita stanby disana sehingga warga bisa melihat tulisan sosialisasi tersebut, " tandasnya.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Zul Mulkan 165