Berita :: GLOBALPLANET.news

Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, H Ubaidillah (FOTO:FERRY ANDHIKA)

24 Juli 2019 11:24:00 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET.news - Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat mencatat, masyarakat yang berdomisili di kabupaten berjuluk Seganti Setungguan tersebut cukup berpotensi mengidap penyakit menular yang disebabkan oleh lingkungan.

Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Lahat, dr Rasyidi Amri MT MKM melalui Kabid P2P, H Ubaidillah mengatakan, jika pihaknya mendata, setidaknya ada delapan penyakit mulai dari DBD, malaria, diare, hepatitis A, campak, difteri, pertusis dan meningitis. 

"Penyakit ini ditularkan oleh virus dan bakteri. Jadi penyakit tersebut menular, kalau sudah menyerang bisa menyebarkan kebanyak orang dan bisa menyebabkan kematian," ujarnya saat ditemui di kantornya, Rabu (24/7/2019). 

Menurutnya, media yang menyebabkan terjangkit penyakit tersebut ialah, faktor lingkungan, khususnya faktor udara, faktor air, dan tahan yang sebagian besar cacing.

Dinkes sendiei saat ini terus melakukan surveylan dengan melakukan monitoring dan pengamatan secara terus menerus.  "Apabila ada laporan langsung kita tindak lanjuti. Satu saja ada laporan kita tindak lanjuti," jelasnya. 

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan imunisasi pencegahan untuk penyakit yang bisa dicegah oleh imunisasi, seperti hepatitis B atau campak, Difteri, dan Pertusis. "Serta memberikan vaksin seperti penyakit meningitis yang saat ini hanya untuk calon jamaah haji," tegasnya. 

Reporter : Ferry Andhika Editor : AT Alam 296