Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto, Senin (29/7/2019) (FOTO:RACHMAD KURNIAWAN)

29 Juli 2019 15:00:25 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Sekolah SMP dan SD di Palembang boleh mengajukan kesiapan untuk menerapkan Full Day School (FDS) jika sarana dan prasarana termasuk ruang belajar terpenuhi.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto, FDS bisa saja dilakukan, dengan sejumlah peraturan.

Berdasarkan Permendikbud, sekolah menerapkan FDS jika setiap satu tingkat memiliki 11 lokal agar tidak ada lagi yang menjalani 2 shift.

"Jika jumlah lokal tercukupi dan sekolah sudah siap menerapkan FDS, silahkan ajukan ke Dinas Pendidikan dan akan kami setujui. Dengan catatan siswa-siswi diberi waktu istirahat selama 2 hari (Sabtu-Minggu)," kata Zulinto ketika dijumpai di gedung Pemkot Palembang, Senin (29/7/2019).

Anak-anak harus diberi waktu untuk meluangkan bersama keluarganya agar tidak membebani dirinya. Jika masih ada kegiatan sekolah yang lain seperti ekskul dan lain-lain akan menyita waktu siswa bersama keluarga. 

"Kalau hari Sabtu masih ada kegiatan namanya kebiri siswanya ya," tegasnya.

Pelaksanaan double shift sendiri di sekolah Kota Palembang masih belum terlalu banyak. Karena kondisi di lapangan masih juga belum mampu apalagi untuk sekolah dasar.

Meski sudah ada FDS, anak tetap dimotivasi belajar di rumah jangan karena sekolah sudah menerapkan FDS anak tidak belajar di rumah.

"FDS ini harus dilihat dari juknis dan juklaknya, anak-anak kita persilahkan belajar di rumah jangan dibebani lagi dengan PR yang berat, anak-anak kita IQ-nya kan tidak semuanya sama. Boleh saja tapi jangan terlalu sering," katanya

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : AT Alam 117