Berita :: GLOBALPLANET.news

Kejurda Pencak Silat Bupati Cup II Tahun 2019, yang berlangsung di Gedung Orkes Komplek Pertamina Pendopo Kecamatan Talang Ubi, Selasa (6/8/2019)/(FOTO: EKO JURIANTO)

06 Agustus 2019 13:32:00 WIB

PALI, GLOBALPLANET.news - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) melalui Cabang Olahraga (Cabor) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar Kejuaraan Daerah Pencak Silat Dewasa Bupati PALI CUB II Tahun 2019, yang berlangsung di Gedung Orkes Komplek Pertamina Pendopo Kecamatan Talang Ubi, Selasa hingga Sabtu (6-9/8/2019).

Kegiatan yang dibuka langsung Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM, yang juga Ketua Umum KONI, ditandai dengan pemukulan Gong dan dilanjutkan penyematan tanda pendekar dari seluruh perguruan yang ada di Kabupaten PALI, ratusan pesertapun siap memperebutkan juara, dan berhak mendapatkan tiket wisata keliling 3 negara.

"Tentunya ini sebagian dari silahturahmi dan sekaligus uji mental dan seleksi untuk persiapan Porprov November mendatang. Kita berharap para peserta mampu menunjukkan yang terbaik, menjunjung sportifitas sebagai seorang atlet. Nanti untuk juara satu sampai tiga, putra-putrinya akan kita beri reward ke tiga negara," kata Heri.

Ketua Pelaksana, Haris Muttaqin menegaskan, kegiatan ini dalam rangka mempersiapkan pesilat pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (porprov) pada bulan November mendatang dan mempersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2020 yang berlangsung di Papua mendatang. Adapun kelas yang dipertandingkan A - C dengan berat badan 40 kg dan seterusnya, peserta sebanyak 141 orang dan juga diperlombakan seni beregu.

Sementara, Ketua Umum IPSI PALI, Irwan ST berharap kepada seluruh pesilat harus sportif, karena untuk menjadi pesilat tangguh harus memiliki hati dan berbudi luhur. 

"Pesilat harus sportif, karena kita selaku pesilat harus berbudi luhur dan berbudi pekerti. Selain pagelaran kejurda acara ini juga dalam mempersiapkan ajang  Porprov mendatang. Kita tunjukan bahwa PALI memiliki pesilat - pesilat tangguh dan terbaik, sehingga nantinya dapat mempersembahkan medali  untuk Kabupaten pali. Kita sepakat dan kita niatkan IPSI PALI lebih banyak mendapatkan Medali pada ajang Porprov mendatang," harap Irwan yang juga menjabat sebagai Katua Komisi III DPRD Kabupaten PALI.

Untuk reward yang diberikan Ketua KONI, Irwan menyebutkan bahwa hal itu tentunya akan memberikan motivasi dan semangat tersendiri bagi para atlet untuk memperebutkan juara.

"Ini hal yang sangat luar biasa di lakukan seorang pemimpin, bapak bupati sekaligus ketua KONI, untuk memberikan semangat kepada para atlite dengan reward tour ke Malaysia, Singapura dan Thailand. Dengan begitu atlet akan menunjukkan yang terbaik," pungkasnya. 

Reporter : Eko Jurianto Editor : AT Alam 196