Berita :: GLOBALPLANET.news

97 tersangka dihadirkan saat pres rilis di Halaman Polda Sumsel, Rabu (14/08/2019) Sore. (Foto: Rio Siregar)

14 Agustus 2019 18:44:32 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Polda Sumatera Selatan menangkap 97 orang pelaku kejahatan yang membuat resah warga Sumsel. Dari tangan para pelaku, polisi mengamankan 9 pucuk senjata api rakitan, senjata tajam, dan belasan sepeda motor.

"Kami sudah melakukan tindakan tegas terhadap para pelaku pencurian dengan kekerasan disertai kejahatan yang telah buat resah masyarakat," ujar Kapolda Sumsel, Irjen Firli ketika rilis di Mapolda, Rabu (14/8/2019).

Para pelaku diamankan selama operasi curas, curat, hingga curanmor atau 3C yang digelar awal Agustus lalu. Para pelaku yang diamankan baru dari wilayah Palembang.

"Ini baru wilayah Palembang saja belum masuk daerah lain yang akan dirilis tim di Polres. Ini sesuai janji saya agar para pelaku yang meresahkan masyarakat di Sumsel ditindak tegas dan tersangka ini ditangkap selama operasi dalam 13 hari terakhir," kata Firli.

Firli menyebut para pelaku ditangkap berikut barang bukti 9 pucuk senjata api rakitan dan senjata tajam. Namun ada pula belasan sepeda motor hasil curian yang disita.

"Tercatat 23 perkara dengan 97 orang tersangka kejahatan dan barang bukti kami sita cukup banyak. Barang bukti senpi 9 pucuk, senjata tajam 15 bilah dan ada 19 sepeda motor," imbuh Firli.

Dalam operasi ini, polisi juga melakukan tindakan tegas dengan menembak pelaku yang mencoba melarikan diri. Namun, saat terjadi kejar-kejaran dengan polisi, pelaku meninggal dunia karena tenggelam di sungai saat hendak ditangkap.

"Pelaku penembakan anggota Polsek di Mesuji Makmur ada juga kita ditangkap. Dia meninggal dunia dan sisanya masih kita kejar," tegas Kapolda.

Reporter : Rio Siregar Editor : Zul Mulkan 258