Berita :: GLOBALPLANET.news

(Foto: Ist)

04 September 2019 13:20:00 WIB

JAKARTA, GLOBALPLANET - Selain di Sumsel yang menyeret Bupati Muara Ahmad Yani, Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK juga terjadi di Kalimantan Barat (Kalbar). Bupati Bengkayang bersama Sekda dan kepala dinas serta rekanan swasta diamankan.

Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan tujuh orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Tujuh orang yang diamankan yakni Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkayang, Obaja, Kepala Dinas (Kadis) PUPR Bengkayang Aleksius, dan pihak swasta.

Bupati Bengkayang dan empat orang lainnya sudah berada di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, untuk menjalani proses pemeriksaan intensif. 

"5 Orang termasuk Bupati, pejabat Pemkab lain sudah di KPK. 2 lainnya dibawa pagi ini ke KPK dari Pontianak. Mereka sedang proses pemeriksaan secara intensif," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (4/9/2019).

Selain mengamankan tujuh orang, tim juga menyita uang ratusan juta rupiah dari opersi senyap di Bengkayang. Uang tersebut diduga bukti suap terkait pengurusan proyek di Bengkayang.

"Ada uang ratusan juta yang kami amankan sebagai barang bukti. Diduga ada transaksi terkait proyek di Pemkab Bengkayang," ucapnya dikutip Merdeka.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang diamankan tersebut.

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 144