Berita :: GLOBALPLANET.news

Bajing loncat bergantung di truk yang melintas di ruas jalan Musi II menuju Fly Over Kertapati Palembang, diduga Jumat (4/10/2018) sore. (Tangkapan layar: Instagram@sumselreceh)

05 Oktober 2019 00:45:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Ada apa dengan Kota Palembang? Prilaku oknum warganya yang memalukan. Setelah heboh pemalakan, beredar video bajing loncat beraksi dalam Kota Palembang.

Tak ayal video aksi bajing loncat ini viral di media sosial seperti Instagram @sumselreceh. Menurut keterangan atau caftion di Instagram, bajing loncat beraksi di ruas jalan kawasan Musi II Kota Palembang, dengan waktu kejadian Jumat (4/10/2019) sore sekitar pukul 17.00WIB.

Dalam video yang telah ditonton ribuan kali, terlihat dua pelaku beraksi. Satu pelaku telah bergantung di belakang truk sambil mengigit diduga pisau. Sementara satu pelaku lainnya mengikuti dari belakang menggunakan sepeda motor jenis bebek. Terlihat ada dialog antar kedua pelaku. 

Tidak hanya bergantung di truk, pelaku yang masih mudah dan terlihat dalam usia produktif itu, telah berhasil menyayat terpal penutup barang angkutan truk. Video ini diambil oleh seseorang dari dalam mobil yang kebetulan melintas di TKP.

Video yang telah ditonton ribuan kali setelah beberapa saat di-posting ini, menuai banyak komentar yang sebagian besar meminta polisi menindak tegas pelaku. Karena selain meresahkan sopir, juga memalukan bagi Kota Palembang yang memiliki jargon kota internasional. "Tembeske sekelnyo (tembak kakinya)," komentar salah satu netizen di akun Instagram @sumselreceh.

Menurut informasi yang himpun, bajing loncat naik ke bak truk di sekitar lampu merah Macan Lindungan dan akan turun di Fly Over Kertapati. "Kan truk dengan muatannya tidak lincah, jadi di Lampu merah mereka naik dan turun di Fly Over Kertapati kalaupun tidak stop, truk syarat muatan juga akan pelan," ungkap sumber globalplanet.

Mengutip dari sejumlah sumber termasuk Wiktionari, bajing loncat adalah pencoleng yang mencuri barang muatan dari atas kendaraan (seperti truk, bus) yang sedang berjalan. 

Secara sederhana, pelaku naik ke atas truk yang sedang berjalan dan muatan truk dilempar ke jalan untuk diambil pelaku lainnya. Bajing loncat cukup popular di Jalinteng masa 90-an. Para pelaku memanfaatkan jalan yang rusak dan sepi untuk beraksi. Walaupun ketahuan oleh sopir, pelaku akan mengancam sopir dengan senjata tajam. 

Reporter : Rio Siregar Editor : Zul Mulkan 1280