Berita :: GLOBALPLANET.news

Langit Kota Palembang yang diselimuti asap dari Karhutla yang masih terjadi di Sumsel. Seperti lahan perkebunan tebu di Ogan Ilir yang disebut terbakar dengan luas sekitar empat hektare. (Foto: Rio Siregar)

07 Oktober 2019 16:48:00 WIB

OGAN ILIR, GLOBALPLANET - Kebakaran Lahan kembali terjadi di area PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 7 Cintamanis, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Kali ini, lahan tebu yang terbakar mencapai 5 hektare.

"Terbakar di wilayah PTPN 7 dari pukul 18.30 WIB dan baru dipadamkan pukul 21.00 WIB (Minggu 6/10)," kata Kepala BPBD Ogan Ilir, Jamhuri saat dikonfirmasi lewat telpon seluler, Senin (7/10/2019).

Lokasi kebakaran, kata Jamhuri terjadi dalam kawasan PTPN 7, Desa Tanjung Pinang, Tajung Batu. Lahan ini terbakar sudah berulang kali.

Sementara Asisten Kepala Bidang SDM dan Umum PTPN 7 Cintamanis, Abdul Hamid mengatakan lahan tebu terbakar mencapai 5 hektare, termasuk area milik masyarakat sekitar.

"Sekitar 5 haktare lahan yang terbakar di kawasan perkebunan. Ada juga dari area rawa-rawa kebun warga," terang Hamid.

Diakui Hamid, lahan tebu PTPN 7 sudah berulang kali terbakar. Namun hingga saat ini belum diketahui penyebabnya.

"Iya (sudah berulang kali), belum tahu apa penyebabnya. Apakah ini berawal dari kebakaran lahan masyarakat atau bukan tidak tahu," katanya. 

Meskipun demikian, Hamid mengaku sudah mengerahkan seluruh pekerja untuk pemadaman. Bahkan beberapa alat pemadam kebakaran juga sudah disiagakan di kawasan rawan.

Dari catatan globalplanet.News, kebakaran lahan terjadi beberapa kali sepanjang musim kemarau di 2019. Lahan terbakar sendiri diperkirakan telah mencapai 120 hektare lebih.

Akibat kebakaran berulang tersebut, tim Gakkum Karhutla Sumatera Selatan pun diketahui telah menurunkan penyidik ke lokasi. Salah satunya untuk mendalami penyebab kebakaran apakah ada unsur kesengajaan atau tidak.

Reporter : Rio Siregar Editor : Zul Mulkan 133