Berita :: GLOBALPLANET.news

Sekda OKU Timur Jumadi S.Sos. (Foto: Dadang Dinata)

15 Oktober 2019 14:56:19 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Karena belum ada kesepakatan maka alokasi anggaran bagi Bawaslu OKU Timur belum bisa ditentukan besarannya. Hal ini disampaikan Sekda OKU Timur Jumadi S.Sos didampingi Kepala BPKAD OKU Timur Agustian Pahrimale, SH, pada Selasa (15/10/2019)

Sesuai usulan Bawaslu yang pertama sudah dianalisa  dan  dibahas bersama kemudian evaluasi oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).  Selain itu sudah dilakukan  tiga kali pertemuan antara Pemkab OKU Timur dengan Bawaslu Sumsel dan Bawaslu OKU Timur.

 "Kemudian Bawaslu mengusulkan kembali dan dibahas tapi belum menemukan angka yang disepakati," katanya.

Sesuai  arahan Kemendagri seharusnya sudah dilakukan penandatangan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). "Kondisi ini bukan hanya di kita khusus Bawaslu belum selesai jika untuk KPU sudah selesai disesuai. Sebenarnya Pemkab sudah mengkoomodir namun belum ada kesepakatan angka. Yang diprioritaskan kebutuhan yang mendasar diantaranya honor dan sebagainya," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya hingga kini belum ada keputusan tentang dana Pilkada serentak 2020 untuk Bawaslu OKU Timur. Meskipun sudah tiga kali Bawaslu OKU Timur dan Bawaslu provinsi melakukan audiensi dengan Pemkab OKU Timur.

Ketua Bawaslu OKU Timur Ahmad Ghufron, SE, didampingi pimpinan Bawaslu Oku Timur Apriandi, SPdi, Agus Purnawan, SIP, Benny Tenagus, SKM, mengatakan.

Dengan belum ada anggaran tahapan pengawasan di Bawaslu tidak maksimal. Sedangkan 28 Oktober 2019 penjaringan calon indenpendent. Untuk itu Bawaslu tidak bisa melakukan pengawasan.

Sebelumnya dana yang diajukan Bawaslu OKU Timur, sempat muncul, namun dana tidak sesuai dengan usulan awal yang disusun oleh Bawaslu Provinsi. Usulan awal Rp 28 miliar. "Namun ada usulan kedua menjadi Rp 31 miliar karena ada penambahan masa kerja badan adhock di kecamatan," terangnya

Namun dana tersebut hingga saat ini belum di setujui oleh Pemda, informasinya masih dilakukan ditelaah maupun diteliti. Sebelumnya Ketua Bawaslu OKU Timur juga sudah dipanggil oleh Kemendagri, untuk pembahasan NPHD.

Tahapan Bawaslu di OKU Timur akan dimulai sesuai dengan persiapan September, pada prinsipinha Bawaslu OKU Timir siap melaksanakan Pilkada di Bumi Sebiduk Sehaluan."Kami sebagai lembaga pengawas tentunya siap menjalankan tugas, demi suksesnya Pilkada," katanya.

 

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 679