Berita :: GLOBALPLANET.news

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi menerima kunjungan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Kamis (7/11/2019). (Foto: Ist)

07 November 2019 14:20:15 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Perbaikan dan pembangunan sumber daya manusia (SDM) wajib dilakukan, selain membangun infrastruktur. Namun dalam membangun SDM harus dimulai dengan perubahan atau tauladan dari pimpinan.

Demikian diungkapkan Bupati OKU  Timur HM Kholid Mawardi S.Sos, MSi, saat menerima audensi dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Bidang Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Imtak dan training tata kelola pendidikan di luar negeri serta literasi, di ruang rapat bina praja II  Setda OKU Timur, Kamis (07/11/2019). "Perubahan itu penting, dimulai dari kita terlebih dahulu, mari kita menjadi teladan dari sekarang," katanya.

Kedepan program pemerintah pusat lebih mengarah pada menghargai profesi keahlian ASN, jabatan fungsional tertentu yang telah dirancang sesuai dengan amanat UU Nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara. 

Bupati menyebutkan niat menjadi anggota Apkasi bidang ekonomi dan pertanian. "Tidak hanya pertanian tetapi juga OKU Timur penghasil ternak terbanyak dan penghasil ikan di Sumatra Selatan, bahkan OKU Timur siap menjadi produsen bawang merah nasional dengan 50 hektar lahan kebun bawang yang ada dengan hasil produksi bawang 11 ton lebih berkualitas super," katanya.

Sementarastaf ahli Apkasi Hj Himatul Hasanah, MP, menjelaskan berdasarkan fakta di lapangan berdasarkan  hasil kunjungan kerja ke setiap kabupaten, banyak terjadi kekurangan tenaga guru.

"Bukan hanya di OKU Timur tapi setiap kabupaten di Indonesia. Untuk itu Apkasi butuh peran pemerintah untuk membuka lowongan CPNS dan P3K agar SDM guru bertambah," katanya.

Terkait kesejahteraan guru, dia berharap dengan adanya program Apkasi khusunya bidang training pendidikan dan literasi ini bisa meningkatkan kesejahteraan guru. "Apkasi akan ada program baru tahun depan yang digagas oleh Mendikbud RI Nadiem Makarim yang membantu daerah dengan pinjaman tanpa jaminan untuk memajukan sumber daya setiap kabupaten," katanya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 44