Berita :: GLOBALPLANET.news

Kapolres Pagaralam AKBP Dwi Hartono, Pengawas Wilayah Jalan Balai Besar Provinsi Sumsel Alan Sitompul, dan petugas Dishub Pagaralam mengecek kondisi jembatan Endikat, Kamis (21/12/2017). (Foto: Yayan Darwansyah)

21 Desember 2017 17:01:42 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET.news - Jelang natal dan tahun baru 2018 kondisi Jembatan Endikat yang berada di Pagaralam masih layak dilintasi meskipun kondisinya memprihatinkan. Untuk perbaikan total akan dilakukan Februari 2018 mendatang.

“Menghadapi natal dan tahun baru, jembatan Endikat masih bisa dilalui kendaraan. Namun, diharapkan kepada pengendara untuk berhati-hati,” ujar Dwi, disela-sela pengecekan jembatan Endikat, Kamis (21/12/2017).

Dikatakan Dwi, mengenai kondisi jembatan Endikat, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Sumsel. Dimana, perbaikan total akan dilakukan pada Februari 2018 mendatang. Untuk itulah, diharapkan masyarakat bisa memaklumi kondisi yang ada sampai dilakukan perbaikan.

“Nantinya kalau ada gangguan diatas jembatan ini, maka jalur bisa dialihkan. Nantinya, akan ada petugas yang siaga baik dari Polres dan Balai Besar yang bertugas. Saya meminta kepada petugas Balai Besar untuk mengawasi terus kondisi jembatan sampai pengerjaan perbaikan dilakukan,” tegasnya.

Ditambahkan Dwi, untuk saat ini sudah tidak diperbolehkan lagi kendaraan berat yang melalui jembatan ini kecuali kendaraan pengangkut sembako. “Intinya kendaraan berat masih bisa melintas,” bebernya.

Sementara itu, Pengawas Wilayah Jalan Balai Besar Provinsi Sumsel Alan Sitompul mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan kondisi Jembatan Endikat.

Kerusakan yang ada akan dilakukan perbaikan total pada Februari 2018, karena perbaikan harus melalui berbagai tahapan seperti lelang dan persiapan lainnya.

“Kita sudah mendapatkan laporan dari Wali Kota Pagaralam melalui Dinas PUPR. Laporan sudah ditindaklanjuti dengan pengecekan langsung. Bahkan, akan dilakukan perbaikan total Februari 2018 ini,” tegasnya.

Kemudian, tambah Alan, untuk saat ini jembatan akan kembali dipasang kayu. Kayu yang sudah rusak akan diganti sehingga kendaraan akan terus dapat melintas. Kondisi darurat ini dilakukan sampai pengerjaan dilaksanakan.

Reporter : Yayan Darwansyah Editor : Agus Rizal 590