Berita :: GLOBALPLANET.news

Sutina, perempuan berusia 65 tahun dengan kondisi kelopak mata yang di tumbuhi Tumor Jinak. (Foto: Rody Hartono)

08 April 2018 17:01:21 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET.news - Miris melihat kondisi nenek Sutina (65), warga Sungai Lidi Dalam, Kelurahan Pasar, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang yang diduga mengidap penyakit tumor jinak pada bagian kelopak matanya.

Pantauan di lapangan, terlihat mata sebelah kiri nenek 65 tahun ini tampak membengkak begitu besar. Penyakit tersebut sudah dideritanya semenjak enam tahun yang lalu, usia enam tahun bukanlah waktu yang singkat bagi dirinya melawan tumor jinak tersebut.

“Mata saya bengkak seperti ini pertama kali karena mengambilkan buah mangga untuk cucu saya. Saat itu mata saya tertimpa buah mangga yang jatuh, namun setengah bulan kedepannya itu tiba-tiba mata saya mulai bengkak,” ungkap Sutina, Minggu (8/4/2018).

Sutina mengaku, jika ia sudah berobat sampai ke Kota Palembang, yakni di Rumah Sakit Umum (RSUD) Muhammad Husain. Ketika itu, sang dokter mendianogsa bahwa ia menderita penyakit tumor jinak.

“Saya benar-benar ingin sembuh, ini sudah pernah saya obati tapi namanya rakyat miskin saya tak punya banyak uang untuk terus berobat,” ungkapnya.

Sebab itu, lanjut Sutina, dirinya mengharapkan bantuan para dermawan ataupun bantuan dari Pemerintah Kabupaten Empat Lawang untuk pengobatan dirinya. “Semoga ada bantuan pengobatan untuk kesembuhan saya ini,” harapnya.

Sampai saat ini, sambung Sutina, baru sekali pihak Dinas Kesehatan Pemkab Empat Lawang menjenguk kondisi dirinya. “Iya, ini baru pertama kali adanya pihak Dinas Kesehatan yang datang menjenguk saya. Saya minta agar pengobatan saya ini difasilitasi oleh Pemkab Empat Lawang,” harapnya lagi.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan RR Endang DS melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit M Junaidi saat mendatangi kediaman Sutina menyarankan, agar Sutina berobat dan rutin kontrol ke RSUD Empat Lawang.

“Memang alat kesehatan di RSUD Empat Lawang masih banyak kurang. Namun kami meminta agar Sutina tetap melakukan kontrol kesehatannya ke RSUD Empat Lawang. Mungkin setelah kontrol, dokter dapat menyarankan untuk rujuk ke Rumah Sakit (RS) lain,” ungkapnya.

Dijelaskan M Junaidi, bahwa pihaknya meminta agar Sutina mengurangi aktivitas yang dapat membuat dirinya lelah. “Kalau badan lelah tekanan darah naik, sebab itu jangan terlalu lelah. Dugaan saat ini nenek Sutina menderita penyakit propotosis yakni jaringan lemak yang tumbuh di kelopak matanya,” jelasnya mengakhiri perbincangan tersebut.

 

Reporter : Rody Hartono Editor : Agus Rizal 126