Berita :: GLOBALPLANET.news

Suasana saat penyerahan APK yang dilakukan KPU OKU Timur kepada perwakilan paslon cagub dan cawagub Sumsel, Kamis (12/04/2018). (Foto; GLOBALPLANET.news/Dadang Dinata)

12 April 2018 15:14:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET.news - Tim pemenangan paslon cagub dan cawagub Sumsel diingatkan supaya saat memasang APK mematuhi aturan dan memperhatikan estetika. “Jangan sampai pemasangan APK tidak tertib,” tegas Ketua KPU OKU Timur H Leo Budi Rachmadi SE saat penyerahan APK dari KPU kepada tim pemenangan empat paslon cagub – cawagub Sumsel di Kantor KPU OKU Timur, Kamis (12/4/2018).

Setelah APK diserahkan kepada tim pemenangan, kata dia, maka biaya pemasangan juga diserahkan kepada tim pemenangan. Untuk  pemasangan APK tentu ada rambu-rambu yang harus sama-sama dipatuhi. Diantaranya dilarang memasang APK  di rumah ibadah, sekolah dan ada estetika yang harus juga diperhatikan,jelasnya.

Tak hanya itu, SK tim pemenangan paslon, kata dia, saat ini harus segera dipenuhi karena KPU akan ada pembentukan tim KPPS yang jumlahnya cukup banyak. Pemenuhan tersebut, kata dia, supaya petugas mengetahui siapa saja yang menjadi tim pemenangan paslon di tingkat kabupaten maupun tingkat desa.

Hal itu, untuk menghindari peristiwa yang tidak diinginkan karena rekap hasil perolehan di tingkat TPS akan diserahkan hanya kepada siapa yang memegang mandat.

“Perlu menjadi catatan, kami (KPU) belum menerima SK tim pemenangan dari masing-masing paslon, kecuali dari paslon nomor satu yang sudah menyerahkan SK tim pemenangan,” katanya.

Adapun APK yang diserahkan KPU OKU Timur kepada tim pemenangan paslon berupa  baleho lima lembar, umbul-umbul sebanyak 400 lembar dan spanduk 624 lembar.

Ketua Panwas OKU Timur Ahmad Gupron melalui divisi Pengawasan Panwas OKU Timur Beni Tenagus menambahkan, pihaknya terus mengingatkan kepada tim kampanye jangan sampai melanggar aturan yang telah ditetapkan.

“Harapan kami saat pemasangan APK jangan semerawut dan tetap menjaga keindahan lolasi pemasangan APK. Bagi yang melanggar, tahap awal pasti akan kami tegur,” terangnya.

 

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 211