Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi (Foto: dok GLOBALPLANET.NEWS)

17 April 2018 15:48:26 WIB

PALEMBANG , GLOBALPLANET.news - Disdik Provinsi Sumsel memasang target emas dalam pergelaran kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 pada September di Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Dikatakan Kasi Peserta Didik Disdik Sumsel, Melia Rosali, pelaksanaan OSN atau disebut dengan Olimpiade Sains Provinsi (OSP) dilakukan selama tiga hari pada tanggal 17-19 April 2018 secara serentak seluruh Indonesia. Dalam pelaksanaan OSN mendatang, Sumsel menargetkan mendapatkan emas dan minimal mendapatkan perak seperti tahun lalu.

“Pesertanya ada 459 siswa dari 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumsel. Pelaksanaannya tiga hari di tiga lokasi yakni Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA) 1, 6 dan 17,” ungkapnya disela memantau pelaksanaan SOP di SMAN 1 Palembang, Selasa (17/42018).

Dijelaskannya, ada sembilan mata pelajaran yang dipertandingkan pada OSP dan OSN 2018 yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Kebumian dan Geografi yang dinilai langsung oleh pihak Direktorat SMA Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“Bentuk soal sendiri terdiri dari isian singkat, uraian essay dan pilihan ganda. Seluruh soal maupun hasil jawaban peserta dikoreksi oleh akademisi yang ditunjuk pemerintah pusat di Jakarta melalui metode passing grade. Sehingga perwakilan setiap provinsi bukan ditentukan siswa dapat juara satu tetapi berdasarkan penilain khusus dari Kemendikbud,” paparnya.

Sementara itu, Panitia Pusat OSN dari Direktorat Kemendikbud RI, Nurfidah menjelaskan, pelaksanaan OSN di tingkat provinsi langsung di bawah kendali Kemendikbud. Seluruh soal maupun hasil jawaban peserta dikoreksi oleh akademisi yang ditunjuk pemerintah pusat di Jakarta.

“Provinsi hanya penyelenggara saja, sementara bentuk soal dan penilaian dari pusat dan lembar jawaban yang sudah dijawab kita bawa ke Jakarta untuk dikoreksi sedangkan pengumumannya melalui website psma.kemendikbud.go.id dan kantor Disdik Provinsi,” kata dia.

Diungkapkannya, para juara OSN akan diproyeksi pemerintah pusat untuk mengikuti ajang internasional diantaranya International Mathematics Olympiad di Inggris, International Physics Olympiad di Israel, International Chemistry Olympiad di Perancis dan lainnya sebagainya yang akan berlangsung pada 2019 mendatang.

Reporter : Karerek Editor : M.Rohali