Berita :: GLOBALPLANET.news

Yatim dan Dhuafa Kota Palembang, saat mengikuti pelatihan kerajinan tangan dalam pelatihan kemandirian dan pembentukan karakter, di Aula PLN Unit Induk Pembangunan Sumbagsel, Minggu (22/4/2018). (Foto: Iis Devi Rahayu/GLOBALPLANET.news)

22 April 2018 14:48:37 WIB 123

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Menjadi pengusaha sukses bisa dilakukan siapa saja termasuk kaum yatim dan dhuafa, salah satu kuncinya dengan memaksimalkan potensi yang ada pada diri masing-masing. Hal ini disampaikan motivator Kota Palembang, Khoiri Susanto, saat memberikan materi dalam pelatihan kemandirian dan pembentukan karakter yatim dan dhuafa Kota Palembang di Aula PLN Unit Induk Pembangunan Sumbagsel, Minggu (22/4/2018).

Dijelaskan Khoiri, manusia sudah diberikan modal yang besar untuk memulai terjun dalam dunia entreprenuer dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki masing-masing. Menurutnya, kendati kaum yatim dan dhuafa tidak memiliki modal secara finansial, namun tetap memiliki modal bisa bernapas dengan baik, mata yang bisa melihat, jantung yang masih berdetak dan lain sebagainya. 

"Nikmat yang diberikan kepada kita menjadi modal utama dan luar biasa yang dimiliki, tinggal bagaimana mereka menggali potensi yang dimiliki tersebut dan dimaksimalkan," ujarnya.

Setelah menemukan potensi diri masing-masing, lanjutnya, berkolaborasi menjadi pilihan tepat dalam realisasi usaha yang dimiliki dengan cara ada yang menyiapkan perlengkapan alat, kemampuan memasak dan dikelola bersama serta hasil dibagi rata, sehingga usaha bisa berkelanjutan. 

"Berpikir positif kepada Allah harus dilakukan, serta terus memperbaiki dan memantaskan diri menjadi sikap yang harus terus dilakukan," pesanya.

Terkait masalah dana, tambahnya, tidak perlu dikhawatirkan, karena banyak pihak yang ingin membantu seperti halnya yang dilakukan oleh pihak Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UIP Sumbagsel yang siap memfasilitasi dan pihak GLOBALPLANET.news yang siap menjadi media patner sekaligus Event Organizer (EO).

Sementara, Pimpinan Redaksi GLOBALPLANET.news, Achmad Taufiq mengungkapkan, kegiatan ini sebagai inisiasi dari pihak GLOBALPLANET.news, bekerja sama dengan pihak YBM PLN  UIP Sumbagsel.

"Dalam kegiatann ini, kita memberikan pelatihan  entrepreneur kepada para yatim dan dhuafa, agar bisa mengubah diri menjadi lebih baik dengan berwirausaha. Kita berharap dari kegiatan ini bisa mengubah yatim dan dhuafa dari mustahik (penerima zakat) menjadi muzakki (pemberi zakat)," ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini melibatkan 50 orang yatim dan dhuafa di Kota Palembang, serta menghadirkan berbagai narasumber mulai dari motivator hingga penggiat kerajinan tangan. Kegiatan ini sendiri berlangsung sejak pukul 09.00-16.00 WIB, di aula PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumbagsel, Minggu (22/4/2018).

Reporter : Karerek Editor : Amizon