Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala Kepala Dinas Dinas Pertanian Ketahanan Pangan, Tanam dan Holtikultura OKI, Syarifuddin, saat meninjau stok beras di salah satu toko milik pedagang beras di pasar kayuagung. (Foto: Eko Saputra)

16 Mei 2018 14:49:57 WIB

OKI, GLOBALPLANET.news - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Pertanian Ketahanan Pangan, Tanam Pangan dan Holtikultura memastikan stok beras selama Ramadan aman. Pasalnya di beberapa wilayah di Bumi Bende Seguguk masih melakukan panen.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Dinas Pertanian Ketahanan Pangan, Tanam dan Holtikultura OKI, Syarifuddin mengatakan, untuk stok beras medium digudang maupun ditingkat pedagang cukup aman.

“Sekarang masih musim panen, sesuai pantauan kami dipasar tradisional, beras medium harga Rp9.500-10.000/Kg. Masyarakat jangan khawatir masalah beras, karena stok di OKI banyak," terangnya.

Selain itu, disetiap toko tani juga menyediakan beras medium termasuk di kantornya yang dijual dengan harga Rp8.500/kg. Sementara untuk harga beras premium dijual Rp12 ribu/kg dari berbagai merk, seperti selancar, Topi Koki, Patin, Raja, Pandan Wangi dan lainnya.

Hamid, salah satu Pedangan Beras di Pasar Tradisional Kayuagung mengaku, beras medium yang dijualnya jenis IR 46 yang didatangkan langsung dari Desa Tugumulyo." Kualitasnya bagus dan banyak yang beli beras ini," imbuhnya.

Ditambahkannya, per kg beras medium dibeli di tingkat petani Rp8.500. Kalau konsumen membeli dalam jumlah banyak harga yang ditawarkan bisa lebih murah.

“Kalau biasanya selama Ramadhan permintaan beras cukup meningkat khususnya beras medium yang harganya lebih murah, tapi tahun ini tidak bisa diprediksi mengingat baru memasuki Ramadhan,” tandasnya.

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 193