Berita :: GLOBALPLANET.news

Kabid tibum satpol-pp Kabupaten PALI memberikan imbauan ke salah satu rumah makan yang ada di Kecamatan Talang ubi. Foto: (Ist)

16 Mei 2018 17:14:57 WIB

PALI, GLOBALPLANET.news - Diketahui bahwa, Menteri Agama Republik Indonesia (RI) telah menetapkan awal puasa jatuh pada Kamis (17/5/2028), atas dasar itu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengeluarkan imbauan kepada pemilik rumah makan, pemilik karaoke dan pemilik tempat hiburan malam.

Diimbau tempat hiburan malam dan karaoke untuk tutup sementara selama bulan puasa berlangsung.

Khusus rumah makan dipersilahkan buka pada siang hari asalkan menggunakan tirai penutup untuk memberikan rasa toleransi kepada warga yang tengah menjalankan ibadah puasa.

"Kami tidak melarang berjualan, hanya saja jangan terlalu terbuka agar umat Islam khusuk menjalankan ibadah puasanya," ujar Manamin, Kepala Satpol-PP PALI, Rabu (16/5/2018).

Selama dua hari ini, diakui Manamin bahwa beberapa anggota Satpol-PP dipimpin Kabid Ketertiban Umum (Tibum) Arwan, SH, berkeliling mendatangi langsung pemilik rumah makan, pemilik karaoke dan pemilik tempat hiburan malam.

"Kita ingatkan serta memberikan surat imbauan, agar pada bulan suci ramadan tahun 1439 H di Kabupaten PALI berjalan lancar," harapnya.

Sementara itu, salah satu pemilik rumah makan di depan lapangan Golf Pendopo menyatakan siap melaksanakan imbauan dari Pemkab PALI melalui Satpol-PP tersebut.

"Meski tanpa imbauan, kami memang akan memasang tirai di depan rumah makan kami saat siang hari. Tetapi untuk satu atau dua hari awal puasa kami akan tutup sementara, untuk menyambut bulan puasa, karena kami juga menjalankan bulan suci ramadan ini." katanya.

Reporter : Eko Jurianto Editor : Juliandi 298