Berita :: GLOBALPLANET.news

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dalam wawancara Jumat (9/11/2018), menyatakan dukungan terhadap Gubernur Sumsel Herman Deru yang melarang angkutan batubara melintasi jalan umum. (foto: rio siregar).

09 November 2018 14:46:52 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mendukung kebijakan Gubernur Sumsel Herman Deru yang mencabut aturan truk batubara melintas di jalan umum. Jendra bintang dua asal Sumsel ini menyatakan jalan umum untuk kepentingan masyarakat.

“Kalau ada truk batubara yang masih melintas di jalan umum akan ditilang. Aturan pelarangan melintas bagi truk batubara inikan sudah disosialisasikan oleh gubernur baik kepada sopir maupun pengusaha batubara,” tegas Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Jumat (9/11/2018).

Dengan adanya kebijakan ini, Kapolda berharap pengusaha batubara untuk bisa memahaminya. Karena dampak yang ditimbulkan oleh truk pengangkut batubara di jalan umum, jalanan menjadi rusak dan masyarakat yang sangat dirugikan.

“Khusus truk angkutan batubara sudah disediakan pemerintah melalui jalan servo. Karena memang sebelumnya sudah disosialisasikan dan sekali lagi tujuannya untuk kenyamanan masyarakat,” katanya.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait. Kalau muatan yang melebihi kapasitas tentunya ranah di Dinas Perhubungan yang akan melakukan penindakan. Sekali lagi kami tegaskan, akan kita tilang jika ada angkutan batubara yang masih melintas di jalan umum,”pungkasnya lagi.

Reporter : Rio Siregar Editor : Zul Mulkan 107