loader

Demi Sawit Cs, Indonesia Kritik EUDR di Pertemuan dengan Jerman

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menekankan, baik Jerman maupun Indonesia, memegang posisi penting dalam konteks regional masing-masing. Dalam pertemuan bilateral dengan Jerman, Indonesia menyuarakan kritik terhadap European Union Deforestation-free Regulation (EUDR).

Hal tersebut diterangkan Wamendag Jerry usai mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Wakil Kanselir sekaligus Menteri Perekonomian dan Aksi Iklim Republik Federal Jerman Robert Habeck di Berlin, Jerman, Senin (6/5/2024). 

Pertemuan bilateral tersebut membahas sejumlah potensi kerja sama di bidang industri, perdagangan dan investasi, energi, dan pengembangan sumber daya manusia.

"Dalam hal kebijakan lingkungan dan keberlanjutan, Indonesia mengedepankan keadilan. Implementasi EUDR jelas akan merugikan komoditas perkebunan dan kehutanan penting Indonesia, seperti kakao, kopi, karet, produk kayu, dan kelapa sawit," terang Wamendag dalam siaran pers dikutip, Rabu (8/5/2024).

Wamendag Jerry melanjutkan, langkah Indonesia tersebut mendapat dukungan dari negara-negara yang berpikiran sama, salah satunya Amerika Serikat (AS). Pada pertemuan dewan Agriculture Fisheries Council Configuration (AGRIFISH), sebanyak 20 dari 27 negara juga menyerukan penundaan EUDR, termasuk Jerman.

Share

Ads