Berita :: GLOBALPLANET.news

Bupati PALI Heri Amalindo saat meninjau stan peserta festival kuliner dan kerajinan tangan khas pali didampingi ketua KNPI PALI. (Foto: Eko Jurianto)

14 Maret 2019 14:25:35 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Sedikitnya 80 stan yang berasal dari sejumlah desa dan sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengikuti Festival kuliner dan Kerajinan tangan yang diselenggarakan oleh DPD II KNPI bekerjasama dengan TP-PKK Kabupaten PALI.

Kegiatan yang diselenggarakan di Sanggar Pramuka komperta Pendopo Kecamatan Talang Ubi, itu dibuka langsung oleh Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM, dan mendatangkan tiga juri Asmawati SE, MSi Akademisi dari Kota Palembang, serta M. Husen seorang motivator yang berasal dari Jogjakarta.

"Kegiatan ini tentunya untuk menggali dan mengetahui potensi kuliner maupun kerajinan tangan yang ada dikabupaten PALI. Dengan kegiatan seperti ini akan timbul hal-hal yang baik untuk kita semua, masyarakat maupun kabupatrn kita, untuk mencintai makanan khas kita sendiri," jelas bupati PALI Heri Amalindo, saat membuka kegiatan tersebut, Kamis (14/3/2019)

Lebih lanjut, bupati menjelaskan bahwa, para peserta dapat berkreasi dengan makanan yang ada agar dapat dibuat lebih menarik baik itu rasa maupun tampilannya. Agar dapat menciptakan makanan kombinasi, yang kedepannya menjadi makanan khad daerah tentunya dengan cita rasa yang khas juga.

"Kalau memang layak kabupatrn PALI akan memiliki tempat oleh-oleh tersendiri, seperti daerah lain, maka kalau orang bermain ke PALI ada buah tangan yang dibawa. Dalam kegiatan ini tentunya yang terbaik nanti akan kita bina dan kita bimbing, sedangkan kalau yang belum menjadi terbaik akan kita adakan bimtek maupun traning," imbuhnya

Pada kesempatan yang sama, ketua KNPI Kabupaten PALI M. Anasrul DN SPd I, mengungkapkan bahwa penyelenggaraan kegiatan tersebu bekerjasama dengan TP-PKK sebagai ajang silahturahmi antar desa yang ada dikabupaten PALI maupun instansi lainnya yang turut serta dalam kegiatan tersebut.

"Tujuannya tidak lain adalah untuk merekatkan kembali silahtutahmi antar desa, untuk menggali potensi yang ada dikabupaten PALI khusus dibidang kuliner dan kerajinan tangan. Pada prinsipnya kegiatan ini menjadi tonggak awal untuk ekonomi kreatif yang tentunya akan mengenalkan kabupaten PALI dengan sejuta potensi." pungkasnya

Reporter : Eko Jurianto Editor : M.Rohali 182