Berita :: GLOBALPLANET.news

Tersangka Saparudin. Insert foto suasana penangkapan. (Foto: Ist)

12 Mei 2019 18:12:00 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Dunia pendidikan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tercoreng, Sebab, ada oknum Kepala Sekolah Dasar ditangkap jajaran Sat Res Narkoba Polres Muba lantaran mengelar pesta narkoba jenis sabu-sabu di Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Desa Sukalali, Kecamatan Sungai Keruh.

Oknum Kepsek tersebut bernama Saparudin (50) yang ditangkap bersama lima warga sipil lainnya berinisial A warga Pali, B warga Desa Sukalali, SJ warga Sungai Keruh fan BJ warga Sekayu. Dimana Kepsek dan rekan-rekannya ditangkap sekitar pukul 21.30 WIB, Kamis (9/5/2019).

Dari infomasi yang dihimpun, penangkapan Saparudin dan rekan-rekan berawal dari adanya keresahan dan laporan masyarakat terkait aktivitas Poskesdes yang sering ramai pada malam hari. Bukan hanya itu, dari dalam Poskesdes pun sering terdengar suara musik yang keras, sehingga menganggu kenyamanan masyarakat.

Berdasarkan laporan masyarakat itulah, penyelidikan dilakukan oleh Sat Res Narkoba. Dimana saat disambangi, di dalam Poskesdes tengah digelar pesta narkoba jenis sabu-sabu yang dilakukan Saparudin dan rekan-rekan.

"Saat dilakukan pemeriksaan, awalnya pelaku tidak mengaku. Namun saat dilakukan penggeledahan, barang bukti kita temukan," ujar Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, melalui Kasat Narkoba AKP Hidayat Amin, Minggu (12/5/2019).

Saat barang bukti ditemukan, Saparudin yang saat ini berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) ini tidak dapat mengelak. Sehingga langsung dilakukan pengamanan bersama rekan-rekannya yang lain guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mapolres Muba.

"Barang bukti yang diamankan yakni pirek kaca, korek api, dan enam paket sabu seberat 6,33 gram. Sampai saat ini kita masih melakukan pengembangan dan kelima tersangka masih diamankan di Mapolres Muba,” terang dia.

Sementara, Pelaku Saparudin, mengaku, bahwa dirinya telah lama mengkonsumsi atau menggunakan narkotika jenis sabu-sabu. "Itu (sabu-sabu) aku belindari Palembang. Terus aku ajak kawan-kawan untuk ngisap sama-sama," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 1741