loader

Sekretaris PAN: Hampir Dipastikan Semua Parpol Berkoalisi

Foto

PALI, GLOBALPLANET - Sekretaris DPD PAN Kabupaten PALI, H Darmadi Suhaimi SH menyebutkan, pada pemilu lalu tidak ada parpol yang menjadi pemenang mayoritas, sehingga hampir dipastikan semua akan berkoalisi untuk pesta demokrasi kedua di Bumi Serepat Serasan ini.

"Kemungkinan besar demokrasi pilkada akan diundur Desember 2020. Kalau kita melihat perolehan kursi dari masing-masing partai politik di Kabupaten PALI, hampir dipastikan semua parpol akan berkoalisi. Karena tidak ada parpol yang menjadi pemenang mayoritas atau dengan kata lain tidak ada partai politik yang bisa mengusung sendiri, tanpa berkoalisi dengan partai lain. Untuk memenuhi kuota yakni lima kursi agar bisa ikut bertarung nantinya," ujarnya.

Kondisi seperti ini, sambungnya, bagus karena masing-masing partai politik akan membangun komunikasi politik antar partai, sehingga nantinya akan didapati pasangan yang ideal yang betul-betul mencerminkan karakter dan harapan masyarakat Kabupaten PALI.

Ketika didesak bagaimana kalau ada parpol yang akan mencalonkan pasangan calon dalam satu partai, dirinya menegaskan tentu tidak bisa, karena harus berkoalisi dengan partai lain. "Seperti yang saya jelaskan tadi bahwa tidak ada partai politik yang menang secara mayoritas, artinya sangat mustahil ada pasangan calon dari satu partai. Apabila terjadi menurut saya sangat tidak efektif sama saja dengan "bunuh diri". Kita sebagai politisi yang notabene sebagai kader partai tentu akan menjaga marwah partai kita," ujarnya.

Untuk itu, dirinya menyangkan apabila hal itu terjadi, karena pihak pesaing akan lebih mudah dan lebih efektif dalam melakukan komunikasi kepada masyarakat. "Itu semua saya lihat dari sudut pandang sebagai Sekertaris DPD PAN PALI. Saya juga melihat apabila itu terjadi maka peta politik akan menjadi sedikit tegang, dan bukan tidak mungkin akan muncul poros baru karena politik itu sangat dinamis," pungkasnya.

Share

Ads