loader

Pelayan Publik di PALI Mulai Divaksin Covid-19 Dosis Pertama

Foto

PALI, GLOBALPLANET - Diungkapkan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI, dr Mudakir MKes, menyatakan, bahwa pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap dua sudah mulai digelar hari ini Kamis (4/3/2021) di Mako Polres PALI.

Diakui Mudakir bahwa untuk vaksinasi tahap kedua, pihaknya menerima 1800 dosis untuk sasaran yang direncanakan berjumlah 6.600 orang.

"1800 dosis tersebut, merupakan untuk dua kali suntik vaksin. Vaksinasi tahap kedua ditujukan untuk pemberi pelayanan publik. Namun pelaksanaan vaksin hari ini untuk anggota Polres dan Brimob," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Talang Ubi, dr. Zamir Alvi mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Talang Ubi, masih fokus pada pemberian vaksin dosis kedua untuk tenaga kesehatan pada tahap pertama.

"Kalau di Puskesmas fokus saat ini untuk suntik vaksin dosis kedua bagi tenaga kesehatan. Jadi kami menuntaskan vaksinasi tahap pertama untuk nakes terlebih dahulu. Karena, sejauh ini, vaksinasi dosis kedua untuk nakes baru 56,65%. Namun untuk suntik vaksin dosis satu, sudah mencapai 85,7%. Sudah melewati target nasional sebesar 70%. Dari sasaran nakes sebanyak 1.234 orang," jelas dr. Zamir.

Ditambahkan dr. Zamir bahwa kendala vaksinasi dosis kedua yang baru 56,65% untuk nakes terletak di kendala teknis seperti aplikasi yang ada.

"Setelah ada edaran dari kementerian kesehatan terkait beberapa perubahan kriteria yang diperbolehkan menerima vaksin, namun perubahan tersebut tidak diiringi oleh perubahan sistem aplikasi. Sehingga menyebabkan pendaftaran penerima vaksin menjadi terhambat," ujarnya.

Share

Ads