loader

Positif Corona Kedua di Sumsel Seorang Dokter, Terakhir dari Jakarta dan Batam

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - "Mungkin yang menjadi pertanyaan teman-teman adalah terkait Sumsel telah ada dua kasus positif. Saya jelaskan bahwa semua itu adalah PDP yang tertular dan dipanggil Allah SWT (meninggal)," tegas dokter RSMH, dokter Zen. 

Pasien kedua yang positif dan meninggal di RSMH yakni seorang tenaga kesehatan. Ia adalah dokter ES (53), asal Prabumulih dan meninggal pada Senin 23 Maret lalu. "Meninggal selain positif Covid-19 juga ada penyakit penyerta, yakni diabetes mellitus," katanya.

Sementara Kasi Surveilance dan Imunisasi Dinkes Sumsel, Yusri mengatakan seluruh warga yang kontak dengan dua pasien itu telah didata. Di mana pasien ES tercatat di riwayat perjalanan terakhir dari Jakarta dan Batam.

"Untuk pasien 02 meninggal positif Covid-19 ini riwayat perjalanan dari Jakarta dan Batam. Antara kasus 01 dan 02 juga tidak ada kaitan dan berdiri sendiri-sendiri," kata Yusri.

Dari hasil penelusuran Satgas, tercatat ada 20 warga yang kontak dengan pasien 02. Mereka adalah keluarga, tenaga kesehatan dan pihak yang bepergian.

"Semua sudah kita data, kasus 01 yang JS (Palembang) ada 25 orang kontak dan kasus 02 ada 20 orang. Semua kita awasi dan juga kita minta isolasi diri dulu di rumah sampai 14 hari," katanya.

Kepastian ES positif Covid-19 setelah tim menerima hasil laboratorium dari Litbang Kemenkes. Di mana dua warga Sumatera Selatan, JS dan ES positif virus asal China tersebut.

Sebelum hasil diumumkan secara resmi pada 24 dan 28 Maret, penanganan untuk pemakaman diketahui sudah dilakukan sesuai standar. Sebab keduanya memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit dan tanda-tanda tertular Covid-19.

Share

Ads