loader

Dibina RS Harapan Kita, RS Siti Fatimah Jadi Rujukan Utama Pasien Kanker, Jantung hingga Stroke

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah Az Zahra akan menjadi RS rujukan utama di bawah  pembinaan Rumah Sakit Pengampu Nasional. RS milik Provinsi Sumsel tersebut akan menjadi pusat rujukan penyakit prioritas seperti Kanker, Jantung, Stroke dan Uronefrologi, secara mandiri berbasis keselamatan pasien. 

Hal itu terungkap saat Gubernur  Sumsel  H. Herman Deru saat menerima  audiensi Tim Kemenkes dan RS Rujukan Nasional masing-masing Direktur Utama Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta, RS Kanker Dharmais, RS Pusat Otak Nasional dan RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), serta RSMH Palembang, bertempat di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Selasa (11/10) petang.

Herman Deru berharap, Program Pengampuan Rumah Sakit Jejaring ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah untuk mendapatkan pelayanan pengobatan penyakit  Kanker, Jantung, Stroke dan Uronefrologi.

"Melalui program jejaring ini  kualitas pelayanan RSUD Siti Fatimah akan sesuai standar. Hal ini pula akan bertujuan untuk menurunkan angka kematian akibat keterlambatan penanganan pasien-pasien  di Indonesia khususnya di Provinsi Sumsel," tegas Herman Deru. 

Direktur Utama Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Iwan Dakota mengatakan, RS Harapan Kita akan melakukan pembinaan layanan jantung  terhadap RS yang diampu, meliputi peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dan pendampingan layanan. 

Share

Ads