loader

Bupati Banyuasin Ajak Masyarakat Bercocok Tanam

Foto

BANYUASIN, GLOBALPLANET - Bupati juga mengajak masyarakat untuk mulai menanam sayuran, umbi-umbian dan ternak ayam serta ikan di halaman pekarangan rumah.

 "Petani kita sudah banyak yang  panen dan sekarang sudah kembali menanam di areal sawah-sawah mereka. Tentu kabar ini sangat membahagiakan ditengah wabah covid 19. Saya menghimbau para petani untuk menyimpan hasil panen padi sebagai stok pangan keluarga, "terang Bupati Banyuasin H Askolani seusai Video Confrence dengan Menteri Pertanian RI di areal sawah lebak Desa Gelebak Dalam Kecamatan Rambutan, Selasa (12/5/2020)

Bupati Askolani juga mengajak masyarakat Banyuasin untuk mulai menanam sayuran, dan umbi-umbian di pekarangan rumah masing-masing. Tujuannya untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan syukur-syukur bisa menambah penghasilan keluarga ditengah wabah covid 19 ini.

"Pekarangan rumah milik masyarakat, saya lihat masih banyak yang belum dimanfaatkan secara maksimal, maka sesuai dengan ajakan saya dan Pakde Slamet pada awal pelantikan dulu agar menanam sayuran dan umbi-umbian bahkan bila memungkinkan ternak ikan dan ayam di pekarangan rumah,  dan ini momen yang tepat disaat wabah covid ini, "katanya.

Menurut Askolani, banyak keuntungan yang akan didapat dengan bercocok tanam dipekarangan rumah, sayuran segar-segar seperti cabai, terong, kacang panjang, oyong, kangkung dan lainnya. Umbi-umbian seperti singkong, ubi jalar ataupun Keladi, begitu juga ikan segar.

"Sayuran mayur yang kita dapat di kebun sendiri itu jauh lebih segar dan lebih sehat, untung lain kita lebih hemat apalagi disuasana saat ini yang serba sulit," ungkap dia. 

Kadis Pertanian Zainudin mengatakan pihaknya sudah menugaskan para penyuluh pertanian dilapangan untuk mengajak masyarakat bertanam sayuran dan umbi-umbian di pekarangan rumah.

 "Kita galakkan di tengah masyarakat, memang ini manfaatnya banyak sekali terutama untuk memenuhi kebutuhan keluarga itu sendiri, " singkat dia. 

Share

Ads