loader

Dampak Buruk Jika Selalu Berprasangka Buruk

Foto

GLOBALPLANET - Prasangka juga dapat diartikan sebagai sikap sosial atau keyakinan kognitif yang merendahkan, ekspresi dari perasaan yang negatif, rasa bermusuhan atau perilaku diskriminatif kepada anggota dari suatu kelompok sosial tertentu sebagai akibat dari keanggotaannya dalam kelompok tertentu. 

Pada kasus yang lebih parah prasangka adalah suatu bentuk sikap negatif terhadap anggota suatu kelompok tertentu yang dapat menimbulkan perilaku diskriminasi hingga kekerasan. Dikutip bacapikiran, penilaian ini didasarkan hanya pada keanggotaan seseorang (individu) dalam suatu kelompok bukan karena karakteristik individu maupun perilaku aktualnya.

Setiap orang pasti pernah menaruh rasa curiga pada orang di lain. Yah, tidak salah juga memang, jika itu sebagai bentuk jaga-jaga atau proteksi diri. Apalagi jika rekam jejak orang yang kita curigai itu sudah nampak. Itu masih tergolong wajarlah. Berikut dampak buruk selalu berprasangka buruk :

Larut dalam perasaan cemas dan gelisah 

Terlalu larut berlebih pada prasangka buruk akan membuat kalian larut pada rasa cemas, gelisah dan juga tak tenang.

Karena kalian memelihara emosi negatif dalam diri, tentunya juga akan membuat aura jiwa kalian menjadi negatif. Dalam kacamata kalian, semua orang akan terlihat seperti musuh dalam selimut, muka dua, pengkhianat, penjahat dan lain-lain. Meskipun jelas itu tidak sepenuhnya benar. Tahukah kalian jika cara pandang kalian akan menentukan bagaimana cara orang lain melihat kalian? Jadi segeralah rubah kebiasaan buruk itu agar kalian bisa mendapat kehidupan yang lebih baik. 

Permusuhan 

Karena terlalu banyak larut dalam prasangka buruk, kalian akan cenderung menampilkan ekspresi yang tak bersahabat pada orang yang kalian jumpai. Kalian akan cenderung lebih sensi, mudah marah, berubah mood, membatasi diri kalian dari pergaulan sehingga dampaknya bisa memperburuk hubungan pertemanan kalian jelasnya, karena tentunya orang lain tidak akan merasa nyaman berada di dekat orang yang terlalu berburuk sangka. Cara kalian dalam menampilkan ekspresi wajah dan gestur tubuh dapat mempengaruhi cara orang bersikap pada kalian. Jadi segera ubah kebiasaan buruk ini agar teman-teman kalian tidak semakin menjauh dari kalian 

Kesepian 

Prasangka buruk yang terus kalian pelihara akan membuat diri kalian merasa kesepian, jiwa kalian menjadi hampa dan kosong. Kalian merasa bahwa semua orang gak ada yang mau mengerti dan peduli pada kalian. Tanpa kalian sendiri sadar, jika itu semua terjadi karena kalian sendiri yang buat, bukan orang lain. Maka dari itu jangan selalu menyalahkan orang lain atas segala hal yang terjadi di hidup kalian. Saatnya kalian mulai berbenah dan intropeksi diri untuk hidup yang lebih baik. 

Semua orang terlihat sama, seperti musuh dalam selimut

Pikiran negatif akan selalu timbul jika perasangka buruk masih kalian pelihara. Sehingga dimata kalian semua orang akan terlihat sama, sangat jahat, seperti musuh dalam selimut. Sehingga kalian menjadi larut pada rasa cemas dan gak aman. Tentu ini dampak yang gak baik sebenarnya bagi diri kalian, sedangkan kalian sebagai manusia tentu juga butuh sosok orang lain untuk mengisi hari-hari kalian.

Hidup tidak bahagia
Orang yang selalu dikelilingi emosi negatif maka yang kembali ke dirinya juga akan negatif. Orang yang selalu dikelilingi emosi positif maka yang kembali pada dirinya juga berdampak positif. Oleh sebab itu, dengan cara membuang segala prasangka buruk dan perlahan demi perlahan sehingga kalian mencoba mengubahnya jadi perasangka baik tentu juga akan mempengaruhi kondisi dalam jiwa kalian. Kalian pun akan merasakan hidup yang tenang dan tentunya bahagia. Jika kalian masih saja memelihara emosi negatif itu sampai kini, maka kalian akan sulit mendapatkan kebahagiaan. Oleh sebab itu guys, tolong buang segala hal yang dapat membuat kalian merasa gak tenang dan bahagia. Salah satunya adalah dengan selalu berusaha berfikir positif dan selalu berprasangka baik pada siapapun itu.

Share

Ads