loader

Pasien Terisolasi di RSMH Membaik, Dipastikan Negatif Corona

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Hal ini terungkap dalam konferensi pers yang digelar di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel bersama tim RSMH, KKP, dan Balai Besar Laboraturium Kesehatan, Senin (24/2/2020).

"Kondisi bapak TH negatif dan tidak terinfeksi virus Corona 2019. Dan telah dilakukan pengambilan sampel sebanyak 2 kali dan semuanya negatif. Tindakan selanjutnya kita serahoan kepada tim RSMH," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nuraini kepada awak media.

Ketua tim PIE RSMH dr Zen Ahmad, mengatakan sesuai dengan prosedur pasien yang diisolasi harus melewati uji sampel sebanyak 3 kali. Sementara pasien TH telah melewati uji sampel sebanyak dua kali dan semuanya negatif.

"Setelah pemeriksaan labor sebanyak 2 kali, Pasiennya sudah dalam kondisi stabil. Bahkan beliau sudah bisa makan dan bercengkrama, sementara itu hasil lainnya mengarah ke yang baik semua. Hasil tes kedua ini juga negatif. Jika semua negatif maka pasien besar kemungkinan boleh dipulangkan," tegas dr Zen Ahmad.

Ketika ditanya soal reaksi keluarga, dr Zen menyebutkan keluarga TH selalu khawatir dan selalu menanti kabar kepastian selanjutnya.

"Keluarga TH selalu menghubungi ibu Lesty untuk menanyakan kapan bisa bebas dari ruang isolasi. Secara psikis bukan hanya pasien saja tapi keluarganya juga sakit," tambahnya.

Sementara itu di tempat yang sama, dr Lisa Dewi Kabid Pelayanan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang menambahkan sewaktu pengambilan sampel, sampel diambil melalui tenggorokkan dan hidung pasien.

"Sampel yang kita ambil adalah Swap nasofaring, dahak dan darah. Sampel pertama (Swap Nasofaring) kami kirim ke Litbangkes tanggal 17 Februari dan Kamis tanggal 20 Februari hasilnya keluar, negatif. Sampel kedua (sputum/dahak) kami kirim Jumat dan hari ini keluar hasilnya juga negatif," ujarnya.

Share

Ads