loader

Pasien Isolasi Mulai Membaik, Kini RSUPMH Terima Satu Lagi Pasien Rujukan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUPMH Palembang dr Zen Ahmad menyatakan pasien tersebut sudah menjadi lebih tenang karena demam tinggi sudah menurun. Serta suhu tubuhnya perlahan kembali normal.

"Kondisi klinisnya baik, bahkan pasien suhunya dari 38 derajat sudah menurun ke 35 derajat. Jadi kalau dua kali tes hasil negatif kita pastikan pasien bebas penyakit dan sembuh. Ini sedang menunggu (hasil), tapi sample pengecekan sudah ada," ungkap dia, Kamis (5/3/2020).

MY telah melakukan tes pertama dan sedang menunggu hasil tes yang kemungkinan akan keluar besok. Untuk tes yang kedua juga segera dilakukan.

"Saat ini masih menunggu hasil laboratorium paling lama besok, dan meskipun belum keluar hasilnya yang kita berharap negatif. Sekarang pasien sedang lakukan tes pemerimsaan kedua. Kondisinya membaik dan sudah melepas bantuan oksigen," jelasnya.

Zen menerangkan, pasien MY ini awalnya memang didiagnosa mers covid. Namun yang perlu diperhatikan mers covid berbeda dengan Covid-19 (corona). Kalau mers covid ini biasa terjadi setelah orang pulang dari Arab Saudi.

"Dengan suhu yang menurun, kita juga sudah ambil sample air liur atau dahak dan memperhatikan gejala serta menunjukkan indikasi laboratorium pasien terkena infeksi bakterial, dan kemungkinan radang paru-paru. Semoga hasil terbukti negatif, karena pastinya dari hasil tes keseluruhan," jelasnya.

Zen melanjutkan, setelah pasien MY perlahan membaik. Pihaknya hari ini mendapat tambahan satu pasien yang baru pulang umrah. Pasien tersebut merupakan rujukan dari Rumah Sakit Hermina Palembang yang mengalami gangguan saluran nafas.

"Iya betul, kita ada pasien tambahan yaitu ibu bernama F umur 77 tahun warga Palembang. Kondisinya sama seperti MY, setelah pulang umrah gangguan saluran nafas. Kita sudah lakukan tes radiologi paru-paru sesuai SOP. Saat ini ibu F dalam tempat yang sama dengan MY di kamar berbeda, masih diisolasi sementara. Jadi ada dua pasien sedang dalam pengawasan," tutupnya.

Share

Ads