loader

RSUD OKU Timur Siapkan 11 Dokter Untuk ODP Covid-19

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Direktur RSUD OKU Timur, dr Sugi Hartono, Jumat (27/03/2020) mengatakan, tiga ruang isolasi dengan standar minimal sudah disiapkan untuk pasien yang terdampak virus corona. Bagi pasien yang memiliki gejala seperti covid-19, akan menjalani perawatan sementara di ruang isolasi.

"Kita sudah siapkan ruang isolasi, tiga dokter spesialis penyakit dalam, satu dokter anastesi, satu dokter pantologi, satu dokter anak, satu dokter radiologi dan tiga dokter umum,"imbuhnya.

Jika ada masyarakat yang memiliki gejala covid-19 seperti demam, batuk dan sesak nafas sebaiknya dilakukan pemeriksaan di Puskesmas terdekat maupun bisa langsung ke RSUD. Nantinya akan dilakukan screening dan diperiksa riwayatnya oleh palayanan khusus covid-19 di RSUD OKU Timur,ujarnya.

"Jika sudah dilakukan pemeriksaan, pasien akan dirawat diruang isolasi agar tidak mengganggu pasien lainnya. Kami tidak memiliki kapasitas menentukan pasien positif maupun tidak terjangkit corona,"jelasnya.

Selain itu, pihaknya sudah menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas medis, meskipun stok APD saat ini terbatas dan belum menjamin kebutuhan tenaga medis."Terutama masker sangat kekurangan, namun ditengah keterbatasan APD ini, kita harus siap dalam menangani jika ada pasien yang terdampak covid-19,"imbuhnya.

Dia juga menghimbau, agar masyarakat harus menjaga pola hidup sehat dan tidak melakukan perjalanan ke wilayah yang terdampak virus corona. "Usahakan untuk tetap dirumah saja dan lakukan social distancing,"tambahnya.

Share

Ads